Home > Berita Bola > Spanyol Menyerah 3-4 Lawan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Spanyol Menyerah 3-4 Lawan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Jakarta – Piala Dunia 2018 kembali menghadirkan kejutan saat Spanyol harus tersingkir di tangan Rusia pada babak 16 besar di Luzhniki Stadium, Minggu (1/7) malam WIB. Rusia pun berhasil melaju ke perempat-final usai menang adu penalti 4-3 atas Spanyol.

Spanyol Menyerah 3-4 Lawan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Kedua tim sendiri hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1 hingga babak tambahan waktu. Spanyol unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 lewat gol bunuh diri Sergei Ignashevich, kemudian Rusia sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-41 lewat penalti Artem Dzyuba.

Baca juga : Gen Shoji Anggap Belgia Bukan Hanya Lukaku Saja

Dengan demikian, penentuan kelolosan pun harus ditentukan melalui adu penalti. Kiper Rusia, Igor Akinfeev berhasil mementahkan dua tendangan penalti Spanyol yang dieksekusi Koke dan Iago Aspas. Rusia pun berhasil lolos ke babak perempat-final Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah pecahnya Uni Soviet.

Pada babak pertama, Spanyol sulit mendapatkan ruang di pertahanan terakhir Rusia meski berhasil menguasai permainan. Akhirnya Spanyol membuka skor pada menit ke-12 yang berawal dari tendangan bebas Marco Asensio. Sebelum gol, terjadi duel antara Sergio Ramos dan Ignashevich, namun kaki pemain Rusia itu mengenai bola dan masuk ke dalam gawang timnya sendiri.

Rusia pun langsung berusaha menyamakan kedudukan yang baru didapatkan pada menit ke-41. Rusia mendapat hadiah tendangan penalti akibat handball yang sengaja dilakukan Gerard Pique di kotak terlarang. Dzyuba sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk menyamakan kedudukan menjadi . . . . . . 1-1.

Pada babak kedua, Spanyol sudah mengancam gawang Rusia pada menit ke-47 saat Jordi Alba mampu meneruskan umpan silang Asensio dengan sepakan, namun bola bisa ditangkap Akinfeev.

Spanyol terus melakukan percobaan dan ancaman ke gawang Rusia, namun tangguhnya lini pertahanan dan kiper Rusia membuat semua peluang yang diciptakan tak berhasil menambah skor hingga 9o menit laga berjalan. Akhirnya, laga pun dilanjutkan dengan babak tambahan waktu 2×15 menit.

Pada menit ke-100, Asensio nyaris mencetak gol dengan tendangan keras dari depan kotak penalti, namun bola bisa ditangkap Akinfeev. Kiper Rusia kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-109 dengan mementahkan tendangan Rodrigo.

Bahkan Rodrigo kembali mengancam di menit terakhir sebelum masuk adu penalti dengan tembakan kencang dari luar kotak penalti, namun Akinfeev kembali melakukan penyelamatan gemilang.

Dalam drama adu penalti, Akinfeev juga tampil spektakuler dengan mementahkan dua tendangan penalti Spanyol milik Koke dan Aspas. Sementara empat penendang Rusia berhasil menjebol gawang De Gea. Dengan demikian Rusia pun menang adu penalti dengan skor 4-3 atas Spanyol.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Bersalah Terkait Kasus Pemerasan Video Seks, Karim Benzema Divonis 1 Tahun Penjara

Versailles – Hakim di Pengadilan Versailles memutuskan Karim Benzema bersalah dalam kasus pemerasan video seks ...