Home > Berita Bola > Kroasia Tumbangkan Tuan Rumah Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Kroasia Tumbangkan Tuan Rumah Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Jakarta – Kroasia berhasil melaju ke babak semi-final Piala Dunia 2018 usai menyingkirkan tuan rumah Rusia melalui drama adu penalti, Minggu (8/7) dini hari WIB. Kedua tim memang hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2 selama 120 menit. Namun Kroasia mampu lolos berkat keunggulan 4-3 di babak adu penalti.

Kroasia Tumbangkan Tuan Rumah Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Pada babak pertama, permainan Kroasia memang sangat dominan sejak menit awal. Kroasia mencatatkan penguasaan bola di atas 60 persen sementara Rusia harus terkurung di lini pertahanannya sendiri.

Baca juga : Menang 2-0, Inggris Pulangkan Swedia

Kroasia mendapatkan peluang pertama melalui Mario Mandzukic yang menerima umpan mendatar dari Kramaric. Namun Mandzukic gagal mengarahkan bola ke gawang dan melambung ke atas gawang.

Meskipun mendominasi permainan, justru Kroasia yang kebobolan terlebih dahulu lewat serangan balik khas pasukan Sbornaya pada menit ke-31. Cheryshev melakukan umpan satu-dua dengan Artem Dzyuba dan diakhiri dengan sepakan keras dari jarak lebih dari 20 meter. Daniel Subasic pun hanya bisa menyaksikan gawangnya dikoyak oleh aksi spektakuler itu.

Kroasia pun berusaha bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan lewat Kramaric. Bermula dari lari Mandzukic, bola dilambungkan ke tengah kotak penalti. Kramaric berhasil lolos dari kawalan dan menanduk bola ke sudut mati Igor Akinfeev delapan menit kemudian. Rusia 1-1 Kroasia.

Pada babak kedua, Kroasia masih melanjutkan dominasinya. Mereka juga memaksa Rusia bertahan dan tuan rumah kompetisi memenuhi ekspektasi tersebut. Meskipun demikian, Kroasia masih tetap kesulitan menciptakan peluang dan tembakan ke gawang Akinfeev.

Setelah laga berjalan satu . . . . . . jam, kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain. Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov melakukan penyegaran dengan memainkan pemain cepat. Aleksandr Erokhin, Yuri Gazinskiy, dan Fedor Smolov masuk lapangan. Sementara itu, Kroasia memperkenalkan Marcelo Brozovic, Josip Pivaric, dan Mateo Kovacic.

Skor 1-1 masih bertahan hingga pertandingan terpaksa harus dilanjutkan laga ke babak tambahan 2×15 menit.

Kroasia pun berhasil sukses mencetak gol keduanya pada menit ke-100. Berawal dari sepak pojok, Modric melambungkan bola ke tiang dekat dan Vida pun berhasil menanduk bola. Meskipun sundulannya pelan, namun Akinfeev tak mampu membaca arah bola dan skor menjadi 2-1 untuk Kroasia.

Lima menit kemudian, Rusia berhasil menyamakan kedudukan melalui Mario Fernandes usai memanfaatkan umpan sepakan bebas dari pemain pengganti, Alan Dzagoev. Skor 2-2 tetap bertahan hingga akhir babak tambahan 2×15 menit sehingga laga pun dilanjutjan pada babak adu penalti untuk mencari pemenang.

Kroasia pun berhasil menang dengan skor 4-3 dari drama adu penalti. Akinfeev mampu melakukan satu penyelamatan apik, tetapi dua algojo Rusia gagal mengeksekusi penalti dengan baik. Penendang penentu kemenangan Kroasia, Rakitic berhasil menjebol gawang Rusia dan mengubur asa tuan rumah.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Selalu Bersaing Jadi Pemain Terbaik, Lionel Messi Masih Beri Pujian Untuk Cristiano Ronaldo

Jakarta – Lionel Messi tidak pernah lepas dari Cristiano Ronaldo dalam hal bersaing sebagai pemain ...