Home > Berita Bola > Kroasia Tumbangkan Denmark Lewat Adu Penalti

Kroasia Tumbangkan Denmark Lewat Adu Penalti

Jakarta – Kroasia berhasil memastikan diri lolos ke babak perempat-final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Denmark dalam drama adu penalti dengan skor 3-2 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (2/7) dini hari WIB. Kedua tim harus melanjutkan laga sampai drama adu penalti usai bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Kroasia Tumbangkan Denmark Lewat Adu Penalti

Pada babak pertama, Denmark berhasil mencetak gol cepat saat laga baru berjalan satu menit melalui tembakan Mathias Jorgensen yang salah diantisipasi oleh kiper Danijel Subasic.

Baca juga : Spanyol Menyerah 3-4 Lawan Rusia Lewat Drama Adu Penalti

Namun, Kroasia langsung membalasnya pada menit ke-4 setelah halauan buruk pemain Denmark yang menerpa Andreas Christensen. Bola yang mendekat ke Mario Mandzukic pun langsung disambar untuk mencetak gol balasan.

Permainan pada babak pertama pun berjalan semakin menarik karena kedua tim sama-sama menerapkan permainan terbuka. Namun aksi penyelamatan kedua kiper, Subasic dan Kasper Schmeichel membuat skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Denmark mendapatkan peluang untuk kembali unggul pada menit ke-56, namun sepakan Martin Braithwaite yang meneruskan bola pantulan sepakan Christian Eriksen melesat jauh dari sasaran.

Kiper dari kedua tim terus menampilkan performa yang menawan. Subasic sukses menyelamatkan gawang Kroasia dari usaha Nicolai Jorgensen pada menit ke-74. Kemudian Schmeichel juga berhasil mengamankan gawangnya pada menit ke- 78 usai menghalau tembakan terukur Ivan Perisic. Skor 1-1 sama kuat bertahan hingga waktu normal berakhir dan harus . . . . . . dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit.

Babak tambahan:

Denmark berhasil menguasai jalannya babak pertama tambahan waktu, mereka mendapatkan sejumlah peluang untuk bisa mencetak gol kedua. Lasse Schone hingga Jonas Knudsen menggempur pertahanan Kroasia, tapi tak satu pun yang membuahkan gol.

Kedua tim memang cenderung mencari aman pada babak tambahan waktu ini. Sejumlah pergantian, Michael Krohn-Dehli dan Pione Sisto dari kubu Denmark, serta Andrej Kramaric dan Milan Badelj bagi Kroasia tak cukup efektif mengubah jalannya pertandingan.

Modric memiliki peluang menjadi pahlawan kemenangan Kroasia, namun ia gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-116 karena bola berhasil ditangkap Schmeichel. Kegagalan Kroasia itu menjadikan pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Adu penalti:

Subasic menebus kesalahannya di awal laga dengan menjadi penentu kemenangan Kroasia di babak ini, kiper AS Monaco tersebut menggagalkan tiga eksekutor Denmark yakni Eriksen, Schone dan Nicolai Jorgensen. Di sisi lain, Schemeichel sebenarnya tak kalah gemilang dengan menghalau tembakan Badelj dan Josip Pivaric, hanya sayangnya tak mampu membaca arah eksekusi terakhir Kroasia yang dilakukan Ivan Rakitic.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Direktur Marca Langsung Terbang Ke Paris Untuk Serahkan Trofi Pichichi Ke Lionel Messi

Jakarta – Pada Senin (29/11), Lionel Messi menerima trofi Pichichi kedelapan dari Direktur Marca Juan ...