Home > Berita Bola > Pihak FIFA Berikan Sanksi Kepada 2 Pemain Timnas Swiss Ini

Pihak FIFA Berikan Sanksi Kepada 2 Pemain Timnas Swiss Ini

Jakarta – Dua pemain timnas Swiss, Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka baru-baru ini mendapat hukuman dari Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA. Sebagaimana yang dilansir dari BolaSport.com, FIFA memberikan hukuman bagi Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka berupa denda. Nominal denda tersebut sebesar 7.500 pounds atau sekitar Rp 141 juta bagi masing-masing pemain itu.

Pihak FIFA Berikan Sanksi Kepada 2 Timnas Swiss Ini

Hukuman tersebut dinilai lebih ringan apabila dibandingkan dengan prediksi banyak media yang menyebut Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka bakal menerima sanksi larangan bermain. Kedua pemain Swiss tersebut menerima hukuman tersebut, lantaran membuat simbol melalui tangannya seperti burung yang mengepakkan sayap dan menempelkannya di tengah dada, saat melakukan selebrasi.

Baca Juga : Gol Quaresma Digadang-Gadang Jadi Salah Satu Gol Terbaik Di Piala Dunia 2018

Selebrasi tersebut diduga sebagai bentuk dari burung Elang yang ada pada bendera negara Albania yang berusaha ditunjukkan oleh Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka kepada dunia. Simbol tersebut diperlihatkan ketika mereka merayakan gol ke gawang timnas Serbia dalam laga lanjutan Grup E di Kaliningrad Stadium, Kaliningrad, Jumat (22/6/2018) waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Selain Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka, kapten Swiss, Stephan Lichtsteiner, juga menerima sanksi denda senilai 3.700 pounds karena melakukan hal yang serupa. Albania sendiri adalah sebuah negara yang pernah berseteru secara politik dengan Serbia pada masa lampau. Dugaan bahwa selebrasi tersebut bermuatan politis tak lepas dari latar belakang Shaqiri dan Xhaka yang berasal dari keluarga imigran dan memiliki darah Albania.

Sebagaimana yang dikutip dari laman . . . Gabung . . . NBC Sports, Shaqiri lahir di Kosovo sebelum akhirnya pindah ke Swiss bersama dengan orangtuanya dan tiga saudara kandungnya ketika dia baru berusia satu tahun. Kepindahan Shaqiri tersebut, ternyata disebabkan dengan kegaduhan yang terjadi di Kosovo dengan Pemerintah Serbia.

Kemudian, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada tahun 2008 silam, namun tidak diakui sebagai bangsa yang berdaulat oleh Serbia. Kisah yang serupa juga sempat dialami oleh Xhaka. Sama halnya dengan Shaqiri, Xhaka diketahui juga memiliki darah keturunan Albania. Sebelumnya berpartisipasi dalam demonstrasi menentang pemerintahan komunis Yugoslavia di Kosovo.

Akan tetapi, sang ayah harus dipenjara dengan hukuman yang lama setelahnya. Presiden Federasi Sepak Bola Serbia, Slavisa Kokeza. sempat mengecam tindakan Shaqiri dan Xhaka tersebut. Kendati begitu, Shaqiri mengaku bahwa tidak ada niatan lebih dari sekadar merayakan gol.

“Saya pikir dalam sepak bola Anda selalu memiliki emosi,” ucap Shaqiri, dikutip BolaSport.com dari Liverpool Echo.

“Anda dapat melihat apa yang saya lakukan dan saya pikir itu hanya emosi. Saya sangat senang untuk mencetak gol ini. Ini tidak lebih. Saya pikir kita tidak perlu membicarakan hal ini sekarang,” tuturnya

(Siti Rahma – Satupedia.com)

x

Check Also

Terlibat Pertengkaran Dengan Egy Maulana Vikri, Pemain Asal Jepang Terancam Dipulangkan

Jakarta – Pemain Michalovce asal Jepang, Takuto Oshima, terancam dipulangkan ke negaranya usai terlibat pertengkaran ...