Home > Berita Liga Indonesia > PT LIB Beberkan Regulasi Pemain Asing Liga 1 2018

PT LIB Beberkan Regulasi Pemain Asing Liga 1 2018

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 memutuskan untuk mengubah beberapa regulasi terkait pemain asing, termasuk ditiadakannya marquee player.

PT LIB Beberkan Regulasi Pemain Asing Liga 1 2018

PT. LIB

Untuk kuota pemain asing, sesuai pasal 24 ayat 3 regulasi Liga 1 setiap klub berhak mendaftarkan empat pemain dengan ketentuan tiga pemain non-Asia dan satu pemain Asia.

“Sebenarnya empat pemain asing ini tidak wajib. Hanya saja, klub terkadang salah memahami. Jadi, kalau mereka tidak mengontrak empar pemain asing pun tidak apa-apa, asalkan jangan lebih dari empat. Itu yang tidak boleh,” kata Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigor Shalomboboy pada Minggu (10/3/2018).

Pendaftaran pemain asing tahap pertama akan ditutup pada 23 Maret seiring dengan mulai bergulirnya Liga 1 yang mempetemukan Bhayangkara FC dengan Persija Jakarta di laga pembuka.

Sebelum mengesahkan status pemain asing di setiap klub, PT LIB akan terlebih dulu melakukan verivikasi.
Untuk pemain asing yang sebelumnya bermain di Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Arab Saudi, Iran, dan Qatar, dibolehkan berasal . . . . . . dari divisi II dan I.

Sementara dari Liga Australia, Irak, Malaysia, India, Vietnam, Hongkong, Thailand, harus berasal dari strata teratas atau divisi I.

Untuk pemain dari Liga Afrika, LIB hanya mengizinkan klub merekrut pemain dari lima negara saja. Di antaranya Tunisia, Mesir, Kongo, Aljazair, dan Sudan (strata teratas).

Baca juga: PSSI Imbau Klub Liga 1 Punya Tim Putri

Sedangkan pemain dari zona Conmebol (Amerika Latin) seperti Brasil dan Argentina, PT LIB mengizinkan pemain yang berasal dari klub strata III hingga I.

Aturan itu juga berlaku untuk para pemain dari tujuh liga papan atas Eropa, semisal Spanyol, Inggris, Italia, Jerman, dan Prancis, Rusia, dan Portugal. (Siti Rahma – stupedia.com)

x

Check Also

Dianggap Kalah WO Lawan Persis Solo, PSG Pati Ajukan Banding

Jakarta – PSG Pati mengajukan banding atas putusan Komisi Displin PSSI yang memutuskan Java Army ...