Home > Berita Liga Indonesia > Peserta Asian Games 2018 Dikurangi, PSSI Tak Setujuh

Peserta Asian Games 2018 Dikurangi, PSSI Tak Setujuh

Jakarta – Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) mengusulkan cabang olahraga (cabor) sepakbola hanya diikuti oleh tujuh tim saja. Joko Driyono selaku Ketua Umum PSSI menyebut apa yang diminta Inasgoc tersebut tidak bisa direalisasikan.

Peserta SEA Asia Games 2018 Dikurangi, PSSI Tak Setujuh

Peserta SEA Asia Games 2018 Dikurangi, PSSI Tak Setujuh

Sebelumnya, Ketua Umum Inasgoc, Erick Thohir berencana untuk memberikan usulan kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk mengurangi jumlah peserta di sejumlah cabor. Salah satu yang ditarget terkena efisiensi tersebut adalah cabor sepakbola.

Dalam pandangan pria yang merupakan Presiden klub Inter Milan tersebut, tidak mungkin apabila 44 negara di Asia semua ikut serta di Asian Games 2018. Akar masalahnya adalah tidak tersedianya dana serta prasarana. Erick juga mengusulkan tim yang bermain di Asian Games cukup 7 negara saja berdasarkan peringkat kejuaraan Asia sebelumnya.

Baca juga : Hanafi Tak Ikut Pimpin Latihan Gresik United

Joko Driyono menyebut untuk masalah prasarana seperti stadion, sebenarnya Inasgoc bisa menyiasatinya. Caranya adalah dengan menggelar babak kualifikasi sebelum event Asian Games resmi dibuka.

“Kalau masalah venue . . . . . . kan bisa digelar kualifikasi sebulan atau dua belum sebelum Asian Games dimulai. Jadi bisa diatur, tapi mungkin masalah dananya yang enggak ada, karena efisiensi anggaran kan?” ujar Joko Driyono.

“Tapi tidak memungkinkan kalau usulannya berdasarkan peringkat kejuaraan Asia sebelumnya. Langsung digelar tujuh besar Asia tidak memungkinkan. Idealnya 16 negara peserta,” sambung pria yang akrab disapa Jokdri ini.

Jokdri kemudian menjelaskan tentang pemakaian format cabor sepakbola tersebut. Dikatakannya, kemungkinan nanti cabor itu akan memakai format 32 besar, di mana tim-tim peserta dibagi ke dalam delapan grup.

Namun untuk kepastiannya, Jokdri menyebut hal itu tidak berada di tangan PSSI. “Nanti AFC yang akan memutuskan, meski biasanya yang mendaftar bisa lebih,” tandasnya.

(Baharudin – satupedia.com)

x

Check Also

Seri 3 BRI Liga 1 2021/22 Batal Digelar di Jawa Timur

Jakarta – PT Liga Indonesa Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia memastikan ...