Home > Berita Liga Spanyol > Barcelona > Setiap Laga El Clasico Akan Menghasilkan Uang Dalam Jumlah Yang Fenomenal

Setiap Laga El Clasico Akan Menghasilkan Uang Dalam Jumlah Yang Fenomenal

Madrid – Dengan skuat yang dipunya, El Clasico akan menjadi satu laga dengan nilai pemain termahal di dunia. Di samping itu, duel tersebut juga menghasilkan dan melibatkan uang dengan nilai fenomenal.

Prediksi Barcelona vs Real Madrid 3 Desember 2016

Hitung-hitungan uang dari El Clasico 2017 ini bisa dimulai dari nilai skuat yang dipunya masing-masing tim. Berdasar data-data yang ada, El Real saat ini memiliki skuat yang nilainya setara dengan 650 juta poundsterling (sekitar Rp 11,071 triliun) sementara nilai skuat Barca adalah 642,18 juta poundsterling (Rp 10,934 triliun).

Tapi itu tentu saja belum semuanya. Madrid dan Barcelona adalah dua klub olahraga dengan valuasi tertinggi di posisi dua dan tiga (hanya kalah dari Dallas Cowboys). Forbes mencatat kalau nilai Madrid adalah US$ 3,65 miliar (Rp 48,5 triliun) sementara Barca nilainya sebesar US$ 3,55 miliar (Rp 47,17 triliun).

Khusus untuk duel El Clasico, pada edisi pertama di Camp Nou beberapa bulan lalu laga ini sukses menghasilkan uang US$ 42,5 juta (Rp 564,782 miliar) hanya dari sponsorship saja. Dari jumlah tersebut sebanyak 87% didapat tuan rumah. Angka serupa diperkirakan akan tercapai pada duel di Senin dinihari WIB nanti.

Baca juga : Cristiano Ronaldo Dan Sergio Ramos Merayu Lewandowski Gabung Ke Madrid?

Nilai hak siar untuk duel El Clasico juga naik 60%, . . . . . . atau senilai US$ 26,8 juta (Rp 356,145 miliar). Pertandingan itu disaksikan secara langsung oleh dua juta orang di Amerika Serikat saja. Sementara di seluruh dunia jumlahnya diperkirakan mencapai 50-100 juta penonton.

Di era sosial media seperti sekarang ini, Madrid dan Barcelona juga menggunakan platform tersebut untuk mengeruk lebih banyak keuntungan. Pada pertemuan pertama di Camp Nou, Real Madrid mendapatkan 41% dari total nilai sponsorshipnya melalui jejaring sosial.

“Para analis memberi penekanan pada pentingnya media sosial buat tim manapun sebagai alat untuk meningkatkan nilai mereka terhadap para rekanan saat sudah tidak memungkinkan lagi melakukan eksposure melalui cara-cara tradisional seperti mengiklankan di dalam stadion,” ucap Max Barnett, Kepala Digital Nielsen Sports.

Sebagai catatan, Madrid saat ini merupakan klub olahraga dengan jumlah fans paling besar di Facebook yakni sebanyak 101,6 juta fans. Barcelona menguntit tak jauh di belakangnya dengan 101,4 juta fans.

(Reno – satupedia.com)

x

Check Also

Dari Gembira Jadi Duka, Pelatih Meninggal Saat Timnya Mencetak Gol Di Liga Mesir

Jakarta – Awan gelap kembali menyelimuti dunia persepakbolaan, kali ini kabar duka datang dari pertandingan ...