Home > Berita Liga Indonesia > PT LIB : Masalah Kitas Tidak Boleh Diabaikan

PT LIB : Masalah Kitas Tidak Boleh Diabaikan

Jakarta – Rupanya ada banyak pemain asing di kompetisi Liga 1 yang tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Hal tersebut diakui oleh CEO PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Risha Adi Widjaya.

PT LIB : Masalah Kitas Tidak Boleh Diabaikan

Masalah KITAS memang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Sebab, hal itu menjadi syarat bagi seorang pemain asing agar bisa bermain secara sah di Indonesia.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) sudah meminta PT LIB untuk menuntaskan masalah ini sejak jauh-jauh hari. Namun ternyata sampai kompetisi Liga 1 digulirkan, tidak semua pemain asing sudah memegang KITAS.

“Ada hampir 60 pemain yang belum memiliki KITAS karena pendaftaran KITAS kan terus berlanjut hingga kini,” ujar Risha di Kantor PT LIB, Kuningan, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Baca juga: Tidak Puas dengan Perangkat Pertandingan, PSSI Imbau Borneo FC Layangkan Protes Resmi

Menurut Risha, hal tersebut terjadi karena klub memang . . . . . . baru mendatangkan pemain asingnya. Selain itu, prosesnya memang butuh waktu yang tidak sebentar.

“Proses pembuatan KITAS itu awalnya meminta rekomendasi PSSI, lalu meminta rekomendasi BOPI, lalu ke Departemen Tenaga Kerja, dan terakhir ke Imigrasi. Proses itu secepat-cepatnya satu bulan sampai satu setengah bulan tergantung kelengkapan dokumen,” tutur Risha.

Sebelumnya, BOPI menegaskan bahwa pemain asing yang tidak memiliki KITAS tidak bisa bermain. Namun ketika Risha ditanya soal hal tersebut, dia tidak memberikan jawaban tegas. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Seri 3 BRI Liga 1 2021/22 Batal Digelar di Jawa Timur

Jakarta – PT Liga Indonesa Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola di Indonesia memastikan ...