Home > Berita Liga Indonesia > Pemain Asing Wajib Punya IMTA sebelum Kantongi Sebelum KITAS

Pemain Asing Wajib Punya IMTA sebelum Kantongi Sebelum KITAS

Jakarta – Klub-klub peserta Liga 1 yang memiliki pemain asing diharuskan mengurus Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Izin tersebut diajukan sebelum mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Hal tersebut diungkapkan Sesditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Friment S. Aruan.

Pemain Asing Wajib Punya IMTA sebelum Kantongi Sebelum KITAS

Saat ini, Liga 1 memang sedang disibukkan dengan KITAS beberapa pemain asing. Sebab, jika tidak mempunyai KITAS, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tidak memperbolehkan pemain asing untuk memperkuat klubnya.

Untuk mencari solusi atas masalah itu, PSSI, BOPI, PT LIB, Kementrian Ketenagakerjaan, Imigrasi, mengadakan pertemuan di gedung Kemnaker, Kamis (20/4/2017). Dari situlah terungkap banyak pihak yang salah paham terkait izin pemain asing.

Setelah RPTKA selesai diproses di Kemenaker, barulah akan keluar IMTA yang waktu pemrosesannya hanya berlangsung sekitar tiga . . . . . . hari. Setelah itu giliran KITAS yang akan bisa dikeluarkan.

“Hal tersebut harus dikonfirmasi. Sebab, sebelum punya KITAS/ITAS, mereka harus memiliki IMTA. Pemain asing tersebut masuk Indonesia dengan visa kunjungan. Selain itu, mereka menggunakan izin tinggal kunjungan resmi,” ujar Friment.

“Karena itu, pemain asing harus mengantongi IMTA yang diajukan klub. Kemudian, mereka mengurus KITAS/ITAS di kantor imigrasi,” tambahnya. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

PT LIB Pastikan VAR Akan Digunakan Pada Musim Depan

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan segera ...