Home > Berita Bola > Komentar Ferryl Tentang Banyaknya Dominasi Pelatih Asing

Komentar Ferryl Tentang Banyaknya Dominasi Pelatih Asing

Jakarta – Dominasi pelatih asing di Liga 1 musim ini sangat tergambarkan dalam apa yang terjadi pada Widodo Cahyono Putro dan Mustaqim. Kontrak Widodo tak diperpanjang Sriwijaya FC, sedangkan Mustaqim terpental dari PS TNI setelah hanya sekitar dua bulan menangani tim tersebut. Yang menggantikan keduanya sama-sama juru taktik impor.

Komentar Ferryl Tentang Banyaknya Dominasi Pelatih Asing

Ferryl

’’Faktor yang sulit sekali dilawan terkait dengan selera manajemen klub. Itu kan memang sesuka hati mereka,’’ kata Ferryl.

Selain itu, lanjut Ferryl yang semasa bermain berposisi sebagai libero, ada semacam kecenderungan di kalangan pemain Indonesia yang lebih menghormati pelatih asing seolah pelatih asing lebih berilmu.

’’Sejak era saya seperti itu. Kalau pelatih lokal yang ngomong, pemain sering mudah membantah hingga beradu argumen. Tapi, kalau asing, pemain agak segan, selain faktor bahasa tentu saja,’’ ungkap mantan pemain Persegres Gresik dan Petrokimia Putra tersebut.

Mantan penggawa timnas lainnya, Risdianto, malah menyayangkan dominannya pelatih asing. Sebab, sejatinya juru taktik lokal sama sekali tak kalah dari segi kemampuan dan prestasi.

Terbukti, pada Piala Presiden 2017, . . . . . . Arema yang diarsiteki Aji Santoso sukses menjadi juara. Sementara itu, Persib di bawah asuhan Djadjang Nurdjaman berhasil menjadi kampiun Indonesia Super League edisi terakhir tiga tahun silam.

’’Sejauh ini hanya Jacksen F. Tiago pelatih asing yang rutin berprestasi di sini. Sebab, dia pernah merumput di Indonesia. Jadi, dia sangat tahu karakter sepak bola kita,’’ ucap mantan pelatih Persib Bandung tersebut.

Risdianto pun menyarankan PSSI lebih sering mengadakan kursus kepelatihan untuk menggenjot stok pelatih lokal. ’’Tapi, soal percaya tidaknya si pemberi kerja (manajemen klub) tersebut lain lagi. Itu perlu didiskusikan agar pelatih lokal tidak semakin tergeser oleh pelatih asing,’’ kata pria 67 tahun itu.

(Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Lionel Messi Menangkan Ballon d’Or 2021, Cristiano Ronaldo Merasa Dibohongi

Manchester – Penyerang Timnas Argentina dan klub Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi, sukses meraih penghargaan ...