Home > Berita Bola > Tingkatkan Fisik Pemain PSM, Bojan Hodak Pakai Cara Ini

Tingkatkan Fisik Pemain PSM, Bojan Hodak Pakai Cara Ini

Pelatih klub Liga 1 PSM Makassar, Bojan Hodak, mempunyai metode tersendiri untuk meningkatkan fisik Willjan Pluim dkk. Sebagaimana diketahui, kebugaran pemain menjadi pekerjaan pertama seorang pelatih sepakbola setiap memasuki masa pra musim.

Hodak yang sudah mengadakan latihan pra musim di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, sejak Rabu (08/01/20) lalu, tidak langsung menggenjot fisik pemainnya. Ia justru memadukannya dengan latihan taktikal karena memiliki alasan tersendiri.

“Tidak lama lagi kami akan menjalani play-off Piala AFC. Saya tidak hanya fokus mengasah penyelesaian akhir. Tapi juga fokus meningkatkan kebugaran fisik pemain,” kata Hodak, Minggu (12/01/20).

“Saya akan melakukannya secara perlahan-lahan. Bisa saja, saya memberikan latihan berat lalu lebih meningkatkan intensitasnya lagi pada keesokan harinya dan seterusnya,” kata pelatih sepakbola berpaspor Kroasia ini.

Adapun alasan lain mantan pelatih Johor Darul Takzim dan Shandong Luneng ini mengombinasikan latihan fisik dengan taktikal untuk menghindari kejenuhan para pemainnya. Sehingga, Hodak tidak hanya memaksa Pluim dkk. terus berlari mengelilingi lapangan saja.

“Ketika saya memberikan latihan untuk berlari dengan bola sambil melakukan penyelesaian akhir, mereka tidak akan menyadarinya. Tapi kalau hanya berlari saja tanpa bola, pemain akan jengkel dan cepat bosan,” kata pelatih sepakbola berusia 48 tahun ini.

Dalam waktu dekat, PSM akan menjalani pertandingan perdananya pada musim 2020 dengan menghadapi wakil Timor Leste, Lalenok United FC, diajang play-off Piala AFC 2020. Leg pertama akan diadakan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu (22/01/20) dan leg kedua di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (29/01/20).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Arema Menyebut Wawan Febrianto Sosok Pemain Yang Dibutuhkan Tim

Charis Julianto angkat bicara soal alasan di balik keputusan timnya merekrut Wawan Febrianto pada bursa ...