Home > Berita Bola > Aji Santoso Ungkap Alasan Persebaya Gaet Patrich Wanggai

Aji Santoso Ungkap Alasan Persebaya Gaet Patrich Wanggai

Persebaya Surabaya sudah resmi mengumumkan dua rekrutan anyar untuk menghadapi Liga 1 2020. Melalui akun Instagram klub, Persebaya Surabaya memperkenalkan dua pemain yaitu Patrich Wanggai dan Mahmoud Eid. Sebelumnya, Persebaya Surabaya sudah mendatangkan tiga pemain lokal. Mereka adalah Bayu Nugroho (mantan PSIS Semarang), Ricky Kambuaya (mantan PSS Sleman), dan Arif Satria (mantan Persela Lamongan).

Sejumlah pertanyaan ramai di media sosial terhadap bergabungnya Patrich Wanggai. Wajar saja, Wanggai yang berposisi sebagai striker justru menjadi langganan dihukum wasit saat Liga 1 2019. Sembilan kartu kuning dan satu kartu merah sudah diterima Wanggai saat membela Kalteng Putra di Liga 1 2019.

Walau begitu, rupanya Persebaya Surabaya, Aji Santoso, memiliki alasan tersendiri dalam kehadiran sosok mantan penyeran timnas U-23 Indonesia tersebut.

“Beberapa hari yang lalu saya mendata semua striker lokal yang ada,” kata Aji Santoso.

“Dari semua data yang ada, saya menjatuhkan pilihan pada Patrich Wanggai karena saya lihat masih sangat layak untuk musim depan,” katanya menambahkan.

Menurut Aji Santoso, kehadiran Wanggai di tim Bajul Ijo bisa menambah stok penyerang. Seperti diketahui, Persebaya saat ini baru memiliki David da Silva yang bisa mengisi posisi striker. Padahal, Persebaya Surabaya tidak hanya akan turun pada gelaran Liga 1 2020 saja.

Melainkan ada empat kompetisi lain yang akan diikuti oleh Hansamu Yama dkk musim ini. Keempat kompetisi itu adalah Piala Presiden, Piala Indonesia, ASEAN Club Championship 2020, serta Piala AFC 2020 jika Bali United lolos ke Liga Champions Asia 2020.

“Karena sampai saat ini kami hanya mempunyai striker David, tidak ada cadangan lagi,” kata Aji Santoso.

Walau tidak lagi muda, Aji menilai bahwa Patrich Wanggai masih produktif di lini depan. Mantan pemain Persib Bandung itu tampil sebanyak 27 kali di Liga 1 2019 bersama Kalteng Putra. Walau tidak bisa menyelamatkan Laskar Isen Mulang dari degradasi, setidaknya Wanggai berhasil menyumbangkan tujuh gol dan tiga assist.

“Saya sudah memikirkan dengan matang menjatuhkan pilihan pada Patrich Wanggai,” kata Aji Santoso.

“Dengan kehadiran Patrich Wanggai akan lebih bagus untuk persaingan dan rotasi.”

“Tidak mungkin David akan selalu main sebagai starter dalam 34 pertandingan (Liga 1 2020), atau kompetisi lain,” katanya mengakhiri.

Kehadiran Patrich Wanggai kembali menunjukkan bahwa Persebaya tidak bisa lepas dari peran pemain asal Papua. Musim sebelumnya, Persebaya juga menggunakan jasa pemain-pemain asal Papua seperti Osvaldo Haay, Elisa Basna, hingga Ruben Sanadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jadi Asisten Shin Tae-Yong, Nova Arianto Belajar Bahasa Korea

Nova Arianto akan belajar bahasa Korea setelah ditunjuk membantu pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong ...