Home > Berita Bola > Xabi Alonso Berurusan Dengan Hukum Terkait Tuduhan Penyelewengan Pajak

Xabi Alonso Berurusan Dengan Hukum Terkait Tuduhan Penyelewengan Pajak

Xabi Alonso harus berurusan dengan hukum setelah dituduh melakukan penggelapan pajak atas hak gambar dirinya. Atas tuduhan itu, Xabi Alonso terlihat menghadiri persidangan yang digelar di Madrid pada Rabu waktu Spanyol. Xabi Alonso diduga menggunakan sebuah perusahaan yang berbasis di Pulau Madiera, Portugal untuk menghindari pembayaran pajak hak gambar.

Jaksa penuntut mengklaim tiga tuduhan penggelapan pajak yang terjadi antara 2010 dan 2012 sewaktu Alonso masih aktif bermain untuk Real Madrid. Penyelidikan terhadap kasus itu dibuka pada 2015 lalu tapi segera dihentikan dan baru pada akhir 2017 kasus itu dibuka kembali.

Alonso yang saat ini sedang menjabat sebagai pelatih tim B Real Sociedad selalu mengelak jika dituduh bersalah atas kasus pajak hak gambar. Pria yang turut berjasa memenangkan Liverpool pada Liga Champions 2004-2005 itu akan dipenjara selama 5 tahun kurungan dan didenda senilai 3,5 juta pound atau sekitar Rp 60 miliar jika terbukti bersalah. Alonso menjadi satu-satunya pemain yang memilih menghadiri sidang daripada membayar pajak yang diklaim sebagai denda kepada Departemen Keuangan Spanyol.

Kasus Alonso menambah daftar panjang pemain atau pelatih sepak bola yang tersangkut kasus penggelapan pajak hak gambar. Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, dan pemain tengah Barcelona, Gerard Pique, juga dikenai denda setelah dinyatakan bersalah atas penyelewengan pajak hak gambar pada musim panas tahun lalu.
Selanjutnya pada awal tahun 2019, Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho juga memilih membayar denda ketimbang menghadiri sidang atas kasus pajak hak gambar.

x

Check Also

Simak Sejumlah Data dan Fakta Jelang Laga AC Milan vs Lecce

AC Milan melawan tim promosi Lecce pada lanjutan Serie A, Minggu (20/10/2019) atau Senin dini ...