Home > Berita Bola > Pimpinan Badan Wasit Tanggapi Momen Handball De Ligt Lawan Bologna

Pimpinan Badan Wasit Tanggapi Momen Handball De Ligt Lawan Bologna

Duel antara Juventus dan Bologna dalam lanjutan Serie A Italia di Allianz Stadium, Minggu (20/10) dini hari, menyisakan perdebatan mengenai handball Matthijs de Ligt apakah layak diganjar penalti atau tidak. Bianconeri sukses mengamankan tiga poin atas Bologna berkat gol-gol Cristiano Ronaldo dan Miralem Pjanic yang menandai kemenangan 2-1,  setelah tim tamu sempat menyamakan skor melalui tembakan mengejutkan Danilo.

Perdebatan muncul setelah momen yang terjadi beberapa saat jelang pertandingan berakhir. Sebuah aliran bola dalam kans Bologna kelihatan menyentuh tangan De Ligt, wasit sempat meminta tinjauan video (VAR) tapi tetap memutuskan tidak memberikan penalti bagi tim tamu. Menanggapi hal itu, pimpinan badan wasit, Marcello Nicchi menegaskan bahwa keputusan tidak memberikan penalti bagi Bologna sudah tepat jika mengacu pada peraturan baru yang diterapkan oleh International Football Association Board (IFAB) soal handball.

Salah satu poin aturan menyebutkan bahwa apabila ada pemain yang terjatuh, dalam hal ini seorang bek,
saat proses menghadang bola dan menyentuh tangan, maka itu tidak bisa dikategorikan sebagai handball. De Ligt berada pada situasi itu saat melawan Bologna.

“Itu, sesuai aturan, memang sama sekali bukan penalti,” kata Nicchi.

“Peraturannya jelas. Saya ingin para penggemar memahaminya dan dalam pertandingan mereka harus mematuhi peraturan dan keputusan wasit.”

“Siapa pun yang berpikir bahwa peraturan diterapkan berdasarkan faktor pembelaan maka seharusnya berhenti datang untuk menyaksikan pertandingan.”

“Wasit sudah bekerja dengan baik, mereka menerapkan peraturan dengan baik. Masalahnya, para pakar tidak mengetahui peraturan baru dengan baik.”

x

Check Also

James Milner Tanda Tangani Kontrak Anyar Hingga 2022

James Milner dipastikan akan tetap bersama Liverpool sampai 2022 setelah setuju untuk menandatangani kontrak anyarnya ...