Home > Berita Bola > Bertamu Ke Allianz Arena, Ajax Tidak Perlu Fokus Ke Ronaldo

Bertamu Ke Allianz Arena, Ajax Tidak Perlu Fokus Ke Ronaldo

Amsterdam – Laga pertemuan kedua perempatfinal Liga Champions 2018/2019 antara Juventus melawan Ajax akan digelar di Allianz Arena, Rabu (17/04/2019) pukul 02.00 WIB dini hari. Apakah Cristiano Ronaldo butuh dikawal ketat atau tidak di laga nanti?

Bertamu Ke Allianz Arena, Ajax Tidak Perlu Fokus Ke Ronaldo

Ya, Bianconeri kontra Ajacieden merupakan leg kedua usai leg perdana perempatfinal Liga Champions dihelat pada Kamis (11/04/2019) pekan lalu.

Ajax secara mengagetkan sukses menyusahkan Si Nyonya Tua di duel leg perdana yang dilaksanakan di Amsterdam ArenA tersebut. Mereka sukses menahan seri 1-1.

Bahkan Ajacieden sempat tercecer lebih dulu dari brace Cristiano Ronaldo pada menit ke-45. Tetapi tidak perlu waktu lama, menit ke-46, Ajax Amsterdam langsung menyamakan skor via gol David Neres.

Dengan pemain asal Portugal itu menciptakan satu gol ke gawang mereka di leg perdana perempatfinal Liga Champions pekan lalu, apakah Ajax butuh mengawal ketat bintang Juventus itu?

Menjelang laga leg kedua perempatfinal Liga Champions, Ajax Amsterdam tentu mengangkut target tinggi untuk membikin guncangan besar seperti di babak sebelumnya.

Wakil asal Belanda itu memang membikin guncangan dengan menjauhkan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Takluk 1-2 di kandang sendiri, Ajax menggila di Santiago Bernabeu.

Permainan kolektivitas dilihatkan oleh Ajacieden ketika membantai Los Blancos di Santiago Bernabeu dengan skor telak 1-4. Tampil sabar tetapi pasti, serangan-serangan Ajax Amsterdam ketika itu sangat efektif.

Bagaimana tidak, menurut whoscored dengan total 16 sepakan, Ajacieden sukses mengimbangi Los Merengues untuk delapan tendangan tepat sasaran, padahal tuan rumah lebih banyak menceploskan sepakan (20 tendangan).

Tampil sabar dan mendominasi partai terlihatnya wajib kembali diterapkan oleh Erik ten Hag ketika tim didikannya menjamu Bianconeri di Allianz Arena.

Pasalnya, ancaman paling besar Ajacieden di leg kedua perempatfinal kontra Juventus dini hari nanti adalah kedatangan sosok Cristiano Ronaldo.

Faktor itu tampak dalam duel leg perdana perempatfinal, di mana eks pemain Real Madrid itu masih dapat diandalkan oleh Juventus dengan satu bracenya ke gawang Ajax di menit ke-45.

Belum lagi statistik pilar Timnas Portugal itu di sepanjang Liga Champions musim ini. Dari data Transfermarkt, total delapan penampilan sejauh ini, ayah empat anak tersebut sukses sumbang lima gol dan dua assist.

Meskipun bomber berusia 34 tahun itu tampak begitu berbahaya untuk wakil asal belanda itu di duel nanti, terlihatnya sang nahkoda tidak butuh meminta amunisi tertentu di skuat arahannya untuk menjaga ketat Ronaldo.

Ya, Ajacieden punya para punggawa yang cukup kuat di jantung pertahanan dan juga cenderung masih muda. Ada nama-nama seperti Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico, Joel Veltman dan Daley Singkgraven.

Belum lagi sektor tengah sampai lini serang Ajax yang cukup lincah, ada Frenkie de Jong, Dusan Tadic, Hakim Ziyech hingga David Neres yang rajin mencetak gol untuk skuat. 

Seperti Tadic dengan torehan 32 bracenya sejauh musim ini, David Neres sejumlah 12 gol hingga Ziyech yang sudah menyumbang 19 gol di seluruh kompetisi musim ini. Sesungguhnya, Ajax memiliki para amunisi yang lebih merata dan mampu membahayakan Juventus.

Serangan sabar dan terukur mampu membikin Ajacieden tidak perlu repot-repot mengawal ketat mantan pemain Manchester United ini di lini pertahanan. Bahkan faktor ini diakui oleh juru taktik kepala Ajax, Erik ten Hag.

“Ronaldo? Kami tidak akan menjaganya dengan cara yang khusus. Juventus jelas tim favorit tapi kami ingin memberikan penampilan yang kompak sebagai satu tim,” kata Ten Hag dilansir dari Calciomercato.

Dari pernyataan sang nahkoda saja, mampu diperkirakan bahwa pilar asal Portugal itu tidak akan memperoleh pengawalan ketat dari punggawa tertentu di partai nanti. Ajax lebih memilih untuk tampil sabar dan solid sebagai satu skuat, khususnya di lini depan.

(SP – Satupedia.com)

x

Check Also

Solskjaer Berikan Alasan Ini Terkait Absennya Lukaku

Solskjaer Berikan Alasan Ini Terkait Absennya Lukaku

Manchester – Dalam tiga laga secara beruntun, Romelu Lukaku tak diturunkan oleh pelatih Manchester United ...