Home > Berita Liga Indonesia > Wacana Penerapan VAR di Liga 1 2019, PSIS Mendukung

Wacana Penerapan VAR di Liga 1 2019, PSIS Mendukung

Semarang – Wacana pemakaian teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga 1 2019 terus bermunculan. Penerapan VAR disebut-sebut dapat menopang kemampuan kerja wasit, sehingga jalannya laga akan lebih fair.

Wacana Penerapan VAR di Liga 1 2019, PSIS Mendukung

Kali ini, sokongan hadir dari CEO PSIS Semarang, AS Sukawijaya. Menurutnya, pemakaian VAR untuk Liga 1 telah dbutuhkan dan cukup meminta untuk segera dilakukan operator kompetisi.

“Pastinya dengan penggunaan VAR, kinerja wasit akan lebih terbantu. Misalnya tidak akan lagi ada protes-protes ini pelanggaran dan penalti atau tidak. Saya rasa teknologi itu perlu dijalankan di sepak bola kita,” ungkap pria yang akrab disapa Yoyok itu kepada INDOSPORT, Selasa (19/03/2019) pagi.

Yoyok memapar, VAR juga dipakai untuk menurunkan kemampuan gesekan yang biasanya terjadi sebab keputusan wasit yang dianggap perdebatan. Dengan begitu, pria yang juga anggota DPRD Jawa Tengah itu berkeinginan selurh gesekan itu dapat hilang dengan pemakaian VAR di Liga 1 mendatang.

“Langkah ini (penggunaan VAR) juga sebagai langkah memperbaiki citra sepak bola Indonesia. Artinya, diharapkan jalannya kompetisi kita nanti akan lebih bersih dan fair,” tegas Yoyok.

VAR sendiri saat ini banyak dipakai dalam kompetisi sepak bola Eropa seperti Liga Champions. Tetapi sebanyak kompetisi di tingkat Asia Tenggara juga berencana menggunakan sistem itu, seperti di Liga Vietnam.

(DB – Satupedia.com)

x

Check Also

Pemain Asal Turkmenistan Yakin Bakal Digaet Persib

Pemain Asal Turkmenistan Yakin Bakal Digaet Persib

Bandung – Pemain asing Persib Bandung asal Turkmenistan, Artur Gevorkyan, mengaku yakin bakal dipatenkan oleh ...