Home > Berita Liga Indonesia > Mengenal Lebih Dekat Ivan Kolev, Pelatih Anyar Persija

Mengenal Lebih Dekat Ivan Kolev, Pelatih Anyar Persija

Jakarta – Sang Macan Kemayoran tidak butuh waktu lama untuk memperoleh pelatih baru, usai perginya Stefano ‘Teco’ Cugurra. Hari ini (7/1) Persija Jakarta resmi memberitahukan Ivan Venkov Kolev sebagai nahkoda barunya.

Mengenal Lebih Dekat Ivan Kolev, Pelatih Anyar Persija

Ketetapan tersebut disampaikan Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade. Ia menunjukkan ada alasan-alasan di balik pemilihan Ivan Kolev, yang mana sudah dipikirkan secara matang.

“Yang pasti rekam jejaknya cukup pantas melakukan meng-handle Persija,” ucap Gede, dikutip dari Tribun Jakarta.

“Kedua, relatif dia punya komunikasi dengan pemain rekam jejaknya juga bagus. Ketiga, dia sudah mengerti kultur Indonesia,” imbuhnya.

Dengan dipilihnya Ivan Kolev, maka ini adalah kali kedua pelatih berusia 61 tahun itu menukangi Macan Kemayoran. Di masa pertama, Ivan Kolev membawa persija memimpin klasemen Wilayah Barat Divisi Utama 1999/2000. Namun Persija gagal juara, lantaran ditaklukan PSM Makassar dengan skor 0-1 di semifinal. Juku Eja kemudian melaju ke partai puncak dan menjadi juara.

Di Liga Indonesia, Ivan Kolev termasuk nahkoda kenyang pengalaman. Selain menangani Persija di musim 1999/2000, ia juga pernah melatih timnas Indonesia (2002-2004), Mitra Kukar (2006), Persipura Jayapura (2007), Sriwijaya FC (2010-2011), dan PS TNI (2017).

Di PS TNI (kini bernama PS Tira), Ivan Kolev gagal total. Dibebani sasaran juara, ia gagal mendapatnya bahkan posisi klub terpleset ke papan bawah, dan posisinya kemudian digantikan Rudy Eka Priyambada. Padahal, Kolev sendiri masuk menggantikan Laurent Hatton di awal musim.

Namun Gede Widiade tidak mempermasalahkan rekam jejak Ivan Kolev yang gagal di PS TNI. Ia yakin ini adalah keputusan yang tepat, untuk membawa Persija kembali berprestasi, baik di Liga 1, piala Indonesia, maupun kompetisi Asia.

(YT – Satupedia.com)

x

Check Also

Ambisi Pelatih Anyar Kembalikan Sriwijaya FC Ke Liga 1

Ambisi Pelatih Anyar Kembalikan Sriwijaya FC Ke Liga 1

Palembang – Juru racik baru Sriwijaya FC Kas Hartadi harapan skuat asuhannya cuma satu musim ...