Home > Berita Liga Indonesia > Persipura Jayapura Protes ke PSSI Karena Merasa Dicurangi Oleh Wasit

Persipura Jayapura Protes ke PSSI Karena Merasa Dicurangi Oleh Wasit

Jayapura – Persipura Jayapura tampak hilang kesabaran dengan PSSI usai merasa dicurangi wasit. Itu terjadi saat mereka takluk 0-1 dari PS TIRA di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (11/8/2018).

Tommy Mano Ketum Persipura Jayapura

Kekecewaan Mutiara Hitam -julukan Persipura, diungkapkan sang ketua umum, Benhur Tomi Mano. Menurut Benhur, ada beberapa hal yang harus disoroti di kompetisi sepak bola nasional, terutama soal wasit.

Menurutnya kepemimpinan wasit Novari Ikhsan sangat responsif pada pemain Persipura. Situasi ini, kata dia, membuat pemain jadi sangat hati-hati dan bermain tidak lepas.

“Pemain juga jadi mudah tersulut emosi, akhirnya hilang fokus. Cara-cara wasit seperti ini kan jelas merugikan tim. Kita lihat ada diving dilakukan pemain lawan di kotak 16 tapi tidak dikenakan kartu. Beberapa kali tendangan bebas harus diulangi atas permintaan wasit,” ujar Benhur dalam rilisnya.

Banyak kejadian yang menurutnya membuat pertandingan terhenti di babak kedua. Tapi perpanjangan waktu hanya 3 menit. Sementara wasit, lanjut Benhur, seperti membiarkan pemain lawan mengulur-ulur waktu.

“Kondisi ini menurut kami ikut memperburuk permainan karena anak-anak sudah terganggu secara mental. Pernyataan ini bukan untuk mencari kambing hitam atas kekalahan kita. Kita akui kita kalah, tetapi kita tidak boleh tutup mata atas kemungkinan kesalahan pihak lain yang terkait langsung dengan pertandingan itu,” tambah dia.

Persipura ingin PSSI membuktikan soal gembar-gembor di awal untuk membenahi wasit. Mereka meminta bukti pembenahan tersebut dengan menyelidiki soal wasit yang memimpin.

“Jangan juga bikin pernyataan kalau wasit bikin salah jangan dihukum, itu kan seakan-akan membuka ruang wasit untuk berbuat salah. Mereka dihukum pun hasil pertandingan tidak bisa diubah, apalagi tidak dihukum. Mereka jadi bebas saja,” tegas dia.

“Kalau PSSI tidak segera respons keluhan klub terkait wasit, jangan salahkan kalau kami curigai PSSI terlibat dan jadi bagian dari bobroknya perwasitan kita. Kalau PSSI saja sudah tidak bisa kita mintai tolong untuk benahi, lantas kemana lagi. Apakah kita harus ke Menpora atau Presiden? Kalau begini ya kita berserah saja sama Tuhan,” tandas Benhur. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Tak Hanya Egy, Timnas U-19 Indonesia Tunggu 2 Pemain Ini Untuk Bergabung

Jakarta – Jelang Piala Asia U-19 2018, TImnas U-19 Indonesia menggelar pemusatan latihan di Stadion ...