Home > Berita Bola > Hierro Mundur, Federasi Sepakbola Spanyol Berburu Pelatih Baru

Hierro Mundur, Federasi Sepakbola Spanyol Berburu Pelatih Baru

Jakarta – Fernando Hierro memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Spanyol usai gagal membawa La Roja melangkah jauh di Piala Dunia 2018. Dengan demikian, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) harus mencari pelatih baru untuk timnas Spanyol.

Hierro Mundur, Federasi Sepakbola Spanyol Berburu Pelatih Baru

Selain mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol, Hierro juga tidak melanjutkan tugas yang sebelumnya dia emban yakni sebagai direktur olahraga timnas Spanyol.

Baca juga : Catatan Apik Inggris di Rusia 2018 Dinilai Hanya Keberuntungan

Hierro memang menerima jabatan sebagai pelatih Spanyol secara mendadak, yakni sebelum berlaga di Piala Dunia 2018. Pada waktu itu, RFEF memilih untuk mendepak Julen Lopetegui, yang memilih untuk meneken kontrak dengan Real Madrid, meski masih terikat kontrak dengan timnas Spanyol.

RFEF pun memberikan konfirmasi terkait pengunduran diri Hierro. Sementara itu, Hierro disebut tidak akan kembali pada posisinya sebagai sebagai direktur olahraga. RFEF mengklaim jika Hierro ingin mencari tantangan baru dalam karirnya.

“Setelah berjalan bersama, RFEF dan Fernando Hierro mengakhiri hubungan setelah keikutsertaan di Piala Dunia di Rusia berakhir. Pelatih menolak ke posisi sebelumnya sebagai direktur olahraga RFEF,” tulis RFEF.

“RFEF ingin mengucapkan terima kasih pada Fernando Hierro atas komitmen dan tanggung jawabnya ketika memimpin tim nasional pada situasi yang luar biasa ini,” sambungnya.

Sebenarnya Hierro sangat dekat dengan timnas Spanyol. Sebab ia pernah memperkuat timnas Spanyol dan menjadi kapten bagi La Roja. Setelah pensiun sebagai pemain, Hierro pun ditunjuk sebagai direktur teknik selama dua periode.

Pada periode pertama dari 2007 hingga 2011, Hierro sukses memberikan gelar juara Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Setelah itu, Hierro mundur dari posisi direktur teknik.

Hierro tak ambil bagian saat Spanyol juara Euro 2012. Hierro kembali bertugas sebagai direktur teknik mulai November 2017 usai timnas Spanyol gagal di Piala Dunia 2014 dan Euro 2016.

Pada awal Piala Dunia 2018 lalu, Hierro ditunjuk sebagai pelatih dan hanya mampu membawa Spanyol melangkah hingga babak 16 besar. Spanyol pun harus tersingkir dari Rusia melalui babak adu penalti di fase 16 besar.

Meskipun gagal membawa Spanyol tampil impresif di Piala Dunia 2018, Hierro pun mendapat dukungan untuk tetap menjadi pelatih timnas Spanyol. Dukungan tersebut bahkan datang langsung dari para pemain kunci Spanyol.

Salah satu pemain yang ingin Hierro tetap menjadi pelatih adalah Sergio Ramos. Kapten Spanyol menilai Hierro sudah menjalankan tugasnya dengan baik di tengah situasi yang tidak kondusif.

“Kami bangga dengan pelatih sekarang,”  ucap Ramos dikutip dari ESPN.

“Yang menimpanya adalah sebuah momen yang sulit dan kami harus bersyukur bawa dia berani mengambilnya. Hierro telah melakukan tugasnya dengan sangat baik, meskipun hasilnya tidak sesuai dengan harapan,” sambungnya.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Hasil Piala Dunia 12 Juli 2018 : Kroasia vs Inggris 2-1

Hasil Piala Dunia 12 Juli 2018 : Kroasia vs Inggris 2-1

Jakarta – Kroasia berhasil mendapatkan tiket ke partai final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Inggris ...