Home > Berita Piala Dunia 2018 > Hasil Piala Dunia 22 Juni 2018 : Brazil vs Kosta Rika 2-0

Hasil Piala Dunia 22 Juni 2018 : Brazil vs Kosta Rika 2-0

Jakarta – Brasil sukses menjaga asa untuk bisa lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan Kosta Rika dengan skor 2-0 pada laga kedua babak penyisihan Grup E di Saint Petersburg Stadium, Jumat (20/6) malam WIB.

Hasil Piala Dunia 22 Juni 2018 : Brazil vs Kosta Rika 2-0

Brasil mencetak dua gol krusial di laga ini melalui Philippe Coutinho dan Neymar pada masa injury time babak kedua. Meskipun menggempur pertahanan Kosta Rika secara beruntun, namun Keylor Navas mampu menjaga gawangnya dengan baik. Akhirnya Brasil mampu memecah kebuntuan di akhir laga.

Baca juga : Prediksi Piala Dunia 24 Juni 2018 : Jerman vs Swedia

Brasil saat ini mengemas empat poin usai mendapatkan satu hasil imbang kontra Swiss dan satu kemenangan kontra Kosta Rika. Pada laga pamungkas Grup E, Brasil bakal menghadapi Serbia, sementara Kosta Rika berjumpa dengan Swiss.

Pada babak pertama, Kosta Rika nyaris membuka skor saat laga memasuki menit ke-13 melalui sepakan Celso Borges usai mendapat umpan tarik dari Cristian Gamboa. Sayangnya bola hanya menyamping ke sisi gawang Alisson.

Gabriel Jesus sempat mencetak gol pada menit ke-27, namun dianulir wasit karena berada dalam posisi off-side. Neymar yang menyisir di sisi kiri pertahanan Kosta Rika kemudian bola diberikan kepada Marcelo dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun bola masih bisa diteruskan Jesus dengan sebuah sepakan ke dalam gawang, namun gol tersebut tak disahkan wasit.

Brasil pun menggempur pertahanan Kosta Rika dengan menciptakan sejumlah peluang. Namun semua peluang yang didapatkan Neymar, Coutinho, dan Marcelo masih bisa dihalau oleh kiper Kosta Rika, Keylor Navas. Skor kacamata pun tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, sebuah kemelut terjadi di mulut gawang Kosta Rika pada menit ke-48. Umpan crossing nyaris bisa dimanfaatkan Neymar, namun Navas lebih dahulu sigap dengan mengamankan bola meski harus berbenturan dengan sang striker.

Brasil mendapat peluang emas beruntun. Dua menit kemudian, Jesus nyaris mencetak gol andai tandukannya tidak menerpa mistar gawang. Bola rebound mengarah kepada Coutinho yang berdiri bebas, namun bisa dihalau Navas.

Brasil terus mengepung pertahanan Kosta Rika. Memasuki menit ke-56, Neymar nyaris memecahkan kebuntuan andai sundulan kepalanya tidak mengarah tipis ke atas gawang. Dua menit berselang, Navas kembali melakukan penyelamatan ketika Coutinho melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan bola bisa ditangkap sang kiper.

Keylor Navas kembali menjadi pahlawan Belgia pada menit ke-64 dengan mengamankan tembakan akurat dari Neymar. Enam menit berselang, giliran Casemiro yang mendapat peluang dengan sundulan kepalanya usai meneruskan umpan sepak pojok, lagi-lagi Navas mampu menangkap bola.

Neymar kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-72 usai memanfaatkan kesalahan Giancarlo Gonzalez. Namun tembakan Neymar justru hanya melebar ke sisi gawang.

Pada menit ke-76, Neymar terjatuh dalam duel kontroversial usai mendapat sentuhan dari Gonzalez. Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, namun ia merivisi keputusannya usai mendapat intervensi dari VAR.

Casemiro mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-87, namun bola bisa ditangkap Navas.

Akhirnya Brasil mampu memecah kebuntuan pada menit ke-91. Berawal dari kiriman umpan yang brilian dari Roberto Firmino, sentuhan bola Jesus kemudian dituntaskan dengan sepakan Coutinho di depan gawang.

Neymar sukses memastikan kemenangan Brasil pada menit ke-97 dengan sontekan manis setelah meneruskan umpan Douglas Costa.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Hasil Piala Dunia 12 Juli 2018 : Kroasia vs Inggris 2-1

Hasil Piala Dunia 12 Juli 2018 : Kroasia vs Inggris 2-1

Jakarta – Kroasia berhasil mendapatkan tiket ke partai final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Inggris ...