Home > Berita Piala Dunia 2018 > Lini Depan Timnas Spanyol Dihuni Oleh Pemain Miskin Gol

Lini Depan Timnas Spanyol Dihuni Oleh Pemain Miskin Gol

Jakarta – Timnas Spanyol sudah resmi merilis daftar 23 pemain yang akan diberangkatkan ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui tak mengikut sertakan dua striker Chelsea, Alvaro Morata dan Pedro Rodriguez di lini depan.

Lini Depan Timnas Spanyol Dihuni Oleh Pemain Miskin Gol

Lopetegui juga tak memberikan tempat kepada bomber senior seperti David Villa, Fernando Torres, dan Aritz Aduriz. Lopetegui sendiri telah memanggil tiga penyerang tengah dan satu wingerofensif untuk mengisi barisan depan timnas Spanyol. Mereka adalah Diego Costa, Iago Aspas, Rodrigo, dan Lucas Vazquez.

Baca juga : Mengejar Pahala, Pogba Jalani Umroh di Bulan Ramadhan

Apabila melihat komposisi tersebut, Lopetegui meninggalkan sosok bomber yang sarat pengalaman dan catatan gol buat timnas. Bahkan tidak ada satu pun dari kuartet Costa, Aspas, Rodrigo, dan Vazquez yang menyumbangkan dua digit gol buat negaranya.

Jika jumlah gol mereka digabungkan, hasil 13 gol saja memang bisa dibilang sangat minim. Jumlah itu dibagi menjadi milik Costa (7 gol), Aspas (4), dan Rodrigo (2), sedangkan Vazquez masih nihil.

Sebagai bandingan, timnas Jerman datang ke Piala Dunia dengan barisan lini depan yang sangat garang. Mereka dibekali catatan gabungan 85 gol dari rekening Thomas Mueller (38), Mario Gomez (31), Marco Reus (9), dan Timo Werner (7).

Namun jika ukurannya adalah performa pemain saat ini, maka komposisi lini depan Spanyol bisa dibilang tidak jelek juga. Meskipun secara keseluruhan gol mereka sangat minim, namun rasio ketajaman mereka terbilang cukup baik.

Costa tercatat memiliki rata-rata memasukkan satu gol setiap 2-3 pertandingan timnas (7 gol dari 18 partai). Aspas mempunyai rasio satu gol per dua partai (4 gol dari 8 laga), setara dengan Rodrigo (2 gol dari 4 laga).

Sedangkan Vazquez masih belum menyumbangkan gol, sebab pemain Real Madrid tersebut baru tampil lima kali bagi timnas.

Lopetegui yang menerapkan komposisi minimalis di sektor depan pada gelaran Piala Dunia 2018 telah menunjukkan kecenderungan taktik Spanyol untuk lebih mengandalkan lini kedua sebagai otak serangan.

Timnas Spanyol saat ini dipenuhi oleh gelandang-gelandang serang kreatif nan berpengalaman semodel David Silva (35 gol), Andres Iniesta (14), hingga Isco (10).

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Kroos Buka Suara Soal Kekalahan Jerman Dari Meksiko

Kroos Buka Suara Soal Kekalahan Jerman Dari Meksiko

Jakarta – Gelandang Jerman, Toni Kroos memberikan komentar terkait kekalahan timnya dari Meksiko di laga perdana ...