Home > Berita Liga Spanyol > Hanya Cetak 25 Gol Saja Di La Liga Musim Ini, Kualitas Christiano Ronaldo Menurun ?

Hanya Cetak 25 Gol Saja Di La Liga Musim Ini, Kualitas Christiano Ronaldo Menurun ?

Madrid – Pada Musim ini, salah seorang megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo kembali memperlihatkan kesuburannya dalam mencetak gol di gawang lawan. Meski demikian, namun tetap saja torehan golnya pada musim ini dinilai lebih di bawah standar dari biasanya. Sebelum laga terakhirnya di La Liga musim ini di markas Villarreal, Ronaldo telah meraih 25 gol.

Hanya Cetak 25 Gol Saja Di La Liga Musim Ini, Kualitas Christiano Ronaldo Menurun ?

Raihan gol tersebut merupakan catatan terendahnya seperti musim lalu sejak dirinya bergabung ke Santiago Bernabeu pada tahun 2009 silam. Bedanya, pada musim ini jumlah tersebut diraih dengan jumlah menit bermain yang lebih sedikit. Jika sang bintang tampil penuh di kandang Villarreal akhir pekan nanti, dia hanya mengoleksi 2.230 menit bermain.

Baca Juga : Sukses Jadi Pemain Terbaik Liga Primer Inggris, Sepatu Mohamed Salah Masuk Museum

Raihan 25 gol tersebut pastinya jauh dari yang pernah dia kumpulkan pada musim 2014/15 ketika dirinya mencatat 48 gol La Liga. Catatan gol Ronaldo yang sedikit lebih baik dari dua musim terakhir adalah pada 2009/10 ketika dia menyumbang 26 gol. Apabila disorot lebih jauh, menurunnya gol Ronaldo pada musim ini sejalan dengan fakta sang bintang hanya mencatat 173 tembakan, yang merupakan torehan terendah kedua sejak memulai karier bersama Madrid.

Namun, layak juga jadi perhatian rasio gol per menit Ronaldo (satu setiap 89 menit) lebih baik dari 2010 dan 2016. Meski memiliki reputasi sebagai pencetak gol ulung dari jarak jauh, anehnya pada musim ini di La Liga Ronaldo belum menyumbang gol sama sekali, dari luar kotak penalti. Cukup jadi catatan, pada musim 2009/10, 19 persen gol Ronaldo tercipta dari luar kotak penalti.

Sepanjang musim ini, Ronaldo belum mencetak gol dari set-piece tendangan bebas. Namun, catatan gol Ronaldo pada situasi bola mati memang rendah. Dia hanya mencetak dua pada 2015 dan 2016, dan satu di 2017. Ronaldo juga sering dicap ‘Penaldo’ oleh fans rival namun musim ini dia hanya mencetak tiga gol liga dari titik putih.

Bintang yang berusia 33 tersebut kerap dianggap memiliki dua kaki yang sama aktif. Meski begitu, 56 persen golnya tercipta melalui kaki kanan, dan hanya empat yang berasal dari sundulan kepala. Pastinya angka tersebut bisa bertambah mengingat Ronaldo punya potensi bermain di laga lawan Villarreal sambil melakukan pemanasan sebelum tampil di final Liga Champions.

Faktanya, urusan mencetak gol Ronaldo memang lebih moncer di Eropa. Musim ini dia telah mengoleksi 15 gol dari 12 penampilan dan selalu mencetak gol di setiap pertandingan dalam perjalanan El Real menuju semi-final.

(Siti Rahma – Satupedia.com)

x

Check Also

Barcelona Ingin Pungut Kiper Buangan Madrid

Barcelona Ingin Pungut Kiper Buangan Madrid

Jakarta – Barcelona saat ini tengah membidik kiper buangan Real Madrid yang saat ini bermain ...