Home > Berita Liga Indonesia > Inilah Tujuan Persija Selenggarakan Kompetisi Internal

Inilah Tujuan Persija Selenggarakan Kompetisi Internal

Jakarta – Kompetisi Internal Persija kembali bergulir pada bulan April 2018. Kompetisi tersebut merupakan ajang bagi klub anggota Persija untuk berkompetisi dalam pengembangan sepak bola usia muda di Jakarta.

Inilah Tujuan Persija Selenggarakan Kompetisi Internal

Persija Jakarta

Kompetisi tersebut akan dibuka pada Minggu, 15 April 2018 di Stadion Petak Sinkian, Glodok, Jakarta Barat. Nantinya kompetisi ini akan diikuti 30 klub anggota Persija dan dibagi menjadi dua divisi, yakni Divisi Utama dan Divisi Satu.

Akan ada 120 pertandingan di Divisi Utama dan 90 pertandingan di Divisi Satu. Total sebanyak 211 pertandingan di kompetisi sepanjang tahun dengan menggunakan sistem setengah kompetisi.

Kompetisi Internal Persija ini menjadi wadah bagi Macan Kemayoran mencari pemain binaannya. Sebelum ke Persija profesional di Liga 1, nantinya dari kompetisi ini para pemain terbaik akan dimasuk dalam tim cadangan Persija, yakni Persija Muda.

Persija Muda nantinya akan bermain di Liga 3 Regional DKI Jakarta. Tak hanya Persija Muda, Kompetisi Internal Persija juga bakal menjaring pemain untuk tim Persija U-19, Persija U-17, Persija U-15, hingga Persija U-13.

“Persija harus membentuk tim seperti Persija U-19 ataupun Persija U-17. Untuk U-21 kita punya Persija Muda. Kompetisi ini adalah program Persija untuk membentuk tim usia muda,” ujar Presiden Persija Ferry Paulus, di Graha Rhema, Utan Kayu, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Tak hanya pemain saja, nantinya dari kompetisi internal tersebut akan menjadi pencarian pelatih untuk tim-tim Persija di level usia muda. Menariknya, pelatih kepala Persija Stefano Cugurra Teco akan melakukan fit and proper test untuk menentukan pelatih Persija Muda.

“Persija tentunya harus menyiapkan perangkat seperti pelatih dan official. Kita juga menunggu Teco melakukan fit and proper test. Kenapa Teco? karena tim usia muda Persija lainnya harus punya filosofi yang sama dengan tim Persija senior,” lanjut Ferry.

Teco akan punya asisten pelatih yang nantinya akan menjadi pelatih kepala Persija U-19. Jadi semua tim dari usia muda Persija punya program yang sama dari Teco,” tambahnya.

Ketua Yayasan Persija Muda, Budiman Dalimunthe menambahkan bahwa nantinya para pemain di kompetisi akan dipantau secara langsung oleh tim pemantau yang dikepalai oleh Dede Sulaiman.

Dede Sulaiman merupakan mantan pemain Persija dan Timnas Indonesia era 1970-an yang lahir dari sistem pembinaan kompetisi internal Persija.

“Kompetisi Internal Persija ini nantinya 50 persen komposisinya adalah U-21. Semua pemain ini akan dipantau oleh Bang Dede untuk masuk dalam tim Persija Muda,” tandasnya.

Kompetisi Internal Persija akan digelar pada 15 Mei hingga 16 September di Lapangan Banteng dan Lapangan Petak Sinkian. Sebagai alternatif, Persija akan menggunakan juga Lapangan Tamansari, Lapangan Arcici VIJ. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Inilah Tanggapan PSSI Terkait Tantangan Perguruan Toho

Inilah Tanggapan PSSI Terkait Tantangan Perguruan Toho

Jakarta – Saat ini Instagram tengah dipenuhi akun-akun yang mengatasnamakan tokoh-tokoh di serial Captain Tsubasa. ...