Home > Berita Liga Italia > Rosetti Klaim Penggunaan VAR Di Serie A Sudah Baik

Rosetti Klaim Penggunaan VAR Di Serie A Sudah Baik

Roma – Sejauh ini, Roberto Rosetti yang merupakan penanggung jawab atas diterapkannya Video Assistant Referee (VAR) di Serie A,  mengklaim jika teknologi tersebut telah berperan positif dalam pertandingan dan berjalan dengan baik.

Rosetti Klaim Penggunaan VAR Di Serie A Sudah Baik

Seperti diketahui, Video Assistant Referee mulai digunakan sejak musim ini pada pertandingan Serie A. Meski mendapatkan banyak respon positif, namun ada juga yang mengkritik terkait penggunaannya.

Baca juga : Lacazette Optimis Prancis Bisa Melangkah Jauh Di Piala Dunia 2018

Beberapa waktu lalu, kontroversi tentang penggunaan VAR kembali mencuat, sebab setelah beberapa pertandingan disebut justru berakhir dengan kontroversi akibat bantuan dari VAR.

“Saya mengerti ketakutan akan hal tersebut, ini adalah reaksi normal saat anda mengubah kebiasaan secara radikal. Sudah tak mungkin lagi kita bisa mengabaikan teknologi. VAR membaik, kita dalam fase percobaan, namun tujuannya adalah memiliki sepakbola yang lebih adil dan lebih spektakuler,” ujarnya.

Selanjutnya Rosetti mengungkapkan jika penggunaan VAR telah membantu menurunkan rasio terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan wasit.

“Mengapa kehilangan Scudetto? Pertandingan final atau pertandingan sederhana karena kesalahan manusia di mana bisa dikoreksi bersamaan dengan pergantian. Siapa pun yang
menganggap VAR hanya membantu wasit, tak mengerti dampak penuh dari perubahan zaman ini,” tambahnya

“Ada 309 tindakan yang telah ditinjau dalam tujuh putaran pertama. Dalam 288 kasus. Keputusan wasit dikonfirmasi, 21 kali itu berubah, itu rata-rata tiga kesalahan dihindari per putaran,” sambungnya.

“Pelanggaran telah menurun, ada 260 dalam tujuh putaran pertama musim lalu, hari ini turun menjadi 203. Kartu kuning menurun dari 313 menjadi 245, kartu merah dari 24 ke 15.  Protes hampir lenyap, yang mana di Italia hal semacam ini adalah keajaiban,” tandasnya.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Penjualan AC Milan Ke Pengusaha Tiongkok Sisakan Masalah

Penjualan AC Milan Ke Pengusaha Tiongkok Sisakan Masalah

Milan – Penjualan AC Milan kepada pengusaha Tiongkok, Yonghong Li ternyata masih masih menyisakan masalah. Media Italia, Corriere ...