Home > Berita Bola > Presiden FIFA Ngotot Ingin Terapkan VAR di Piala Dunia 2018

Presiden FIFA Ngotot Ingin Terapkan VAR di Piala Dunia 2018

Jakarta – Dalam laga pamungkas babak Kualifikasi Piala Dunia 2018, tersaji gol kontroversial saat Panama bertemu dengan Kosta Rika. Pada laga tersebut, salah satu pemain Los Canaleros, yaitu Gabriel Torres mencetak gol penyeimbang kedudukan di menit 53, usai sebelumnya tim lawan unggul di menit ke-36 lewat Johan Venegas.

Presiden FIFA Ngotot Ingin Terapkan VAR di Piala Dunia 2018

Akan tetapi, gol Panama tersebut menuai perdebatan, Pasalnya bola terlihat tidak melewati garis gawang. Namun sayangnya, wasit dan hakim garis masih menganggap gol tersebut sah dan memberikan satu angka bagi tim tuan rumah.

Baca juga : Hadapi Watford, Kans Arsenal Lanjutkan Catatan Clean Sheet

Gol hantu Torres

Dengan adanya perdebatan ‘gol hantu’ Torres itu, maka Presiden FIFA, Gianni Infantino ngotot ingin menerapkan teknologi Video Assistant Referees (VAR) di Piala Dunia 2018. Menurutnya, VAR bisa mengurangi bahkan menghilangkan masalah seperti itu, sebagaimana diberitakan Marca (12/10/17).

“Ketika Anda bermain dalam babak Kualifikasi Piala Dunia dan pertandingan itu diputuskan oleh kesalahan interpretasi wasit, yang mana bisa terjadi karena mereka merupakan manusia pada umumnya, maka inilah saatnya untuk memperbaiki keadaan,” jelas pria berusia 47 tahun itu.

“Ketika seluruh dunia telah melihatnya dalam beberapa detik dan satu-satunya yang tidak melihat ialah wasit, bukan karena ia tidak ingin tetapi karena ia dilarang untuk melihat itu. Dan tentu saja, itu bisa diperbaiki, maka saya pikir bahwa kami harus bergerak seiring waktu dan melangkah maju.”

Kemudian Infantino pun menegaskan bahwa pihaknya ingin VAR diperkenalkan secepat mungkin. Ia juga berharap jika teknologi VAR sudah bisa digunakan pada musim panas mendatang.

“Kami siap untuk menggunakan VAR, namun keputusan belum diambil. Setiap kali teknologi itu digunakan, VAR mengonfirmasi keputusan wasit ataupun memberikan koreksi atas kesalahan.”

“Namun, tujuan utamanya ialah untuk mengoreksi kesalahan besar dan tidak setiap detail dalam pertandingan,” ucap pria kelahiran Swiss itu.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Bek MU Girang Bisa Singkirkan Italia

Bek MU Girang Bisa Singkirkan Italia

Manchester – Bek Manchester United, Victor Lindelof merasa sangat bahagia usai dapat menyingkirkan Italia menuju Piala Dunia ...