Home > Berita Liga Indonesia > Ponaryo Bersiap Jalani Profesi Baru di Dunia Sepakbola

Ponaryo Bersiap Jalani Profesi Baru di Dunia Sepakbola

Samarinda – Pemain Borneo FC, Ponaryo Astaman bersiap untuk jalani profesi baru di dunia sepakbola musim depan. Karena ia pernah mengatakan jika tahun ini menjadi musim terakhirnya menjadi seorang pemain sepakbola.

Ponaryo Bersiap Jalani Profesi Baru di Dunia Sepakbola

Ponaryo Bersiap Jalani Profesi Baru di Dunia Sepakbola

Seperti diketahui, sejak awal musim Liga 1 berjalan, Ponaryo sudah menyatakan akan pensiun menjadi pemain sepakbola. Saat ini pun, dirinya sedang berusaha untuk mendapatkan lisensi A AFC, dengan mengikuti kursus kepelatihan yang digelar PSSI beberapa hari yang lalu.

Baca juga : Pochettino Ungkap Alasan Berminat Menjadi Pelatih Inggris

Dan kemudian, setelah mendapati lisensi tersebut, maka Ponaryo bisa menjadi pelatih di kompetisi kasta teratas nasional. Pasalnya, syarat utama jadi pelatih kepala adalah mempunyai lisensi A AFC.

Namun, Ponaryo juga menyatakan belum bisa memastikan untuk langsung melatih. Menurutnya, ruang lingkup sepakbola bukan hanya sebatas itu saja karena banyak hal lain yang bisa dikerjakan.

“Ini kemungkinan besar adalah tahun terakhir saya untuk aktif bermain, tapi untuk ke depannya jujur saya belum menentukan karier secara pasti, berkecimpung di sisi mana sepakbola,” kata Ponaryo kepada Goal Indonesia.

“Apakah itu pelatih, asisten, memegang usia dini atau hal-hal lain juga seperti manajerial. Karena sampai saat ini saya masih aktif berkecimpungan di APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia). Saya belum bisa menentukan bakal terlibat di mana nanti,” tambahnya.

Eks pemain Sriwijaya FC itu juga membeberkan alasannya untuk mengambil lisensi A AFC. Menurutnya bahwa hal tersebut merupakan kebutuhan, karena sebelumnya telah memiliki lisensi C AFC dan B AFC.

“Jadi sudah semestinya saya mengambilnya karena itu merupakan tahapan selanjutnya setelah saya memiliki dua lisensi sebelumnya,” ujarnya.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Inilah Bukti Via Vallen Ngefans Dengan Duo Kembar Timnas U-16 Indonesia

Jakarta – Pedangdut cantik, Via Vallen rupanya sangat ngefans dengan duo kembar Timnas U-16 Indonesia, ...