Home > Berita Bola > Laga Juventus vs Torino Menjadi Duel Beda Kelas

Laga Juventus vs Torino Menjadi Duel Beda Kelas

Turin – Juventus yang akan menjamu Torino di Juventus Stadium dalam pertandingan bertajuk Derby della Molle, Minggu (24/9/2017).

Derby della Mole Tidak Akan Mudah Bagi Juventus

Derby della Mole

Giornata ke-6 Liga Italia musim ini akan menyajikan pertandingan yang sengit dan keras mengingat sejarah derbi kota Turin yang panjang. Derby ini mulai terjadi pada tahun 1907 atau setahun setelah Torino didirikan.

Torino sendiri didirikan oleh mantan Presiden Juventus, Alfredo Dick bersama dengan 23 pria Swiss lainnya. Keduanya menjadi musuh bebuyutan dan para pendukung keduanya kemudian menggunakan sebuah bangunan khas kota Turin untuk menamai laga saat keduanya bertemu.

Baca juga : Ditahan Imbang Wolfsburg, Ini Pendapat Ancelotti

Bangunan tersebut adalah Mole Antonelliana yang kemudian menjadi Derbi della Mole seperti yang kita kenal hingga kini. Kedua tim pun memiliki basis pendukung dengan latar belakang berbeda.

Torino lebih dekat dengan kelas pekerja, imigran dan kelas menengah ke bawah. Sementara Juventus diidentikan sebagai klub orang kaya dengan basis pendukung orang gereja dan para kaum borjuis.

Dengan adanya perbedaan latar belakang pendukung inilah yang membuat Laga ini selalu panas. Perbedaan klub kaum Borjuis dan klub kaum pekerja semakin kentara saat ini setelah Juventus pindah ke Juventus Stadium. Sementara Torino masih menggunakan Stadion Olimpico Turin.

Jika menilik rekor pertemuan keduanya jelas Juventus unggul jauh. Bahkan dalam 27 pertemuan terakhir Juventus hanya kalah tiga kali, berhasil menang 18 kali dan sisanya seri. Meski terlihat timpang, derbi tetaplah derbi yang selalu berlangsung panas.

(Reno – satupedia.com)

x

Check Also

Prediksi Seri A 21 September 2017 : Juventus vs Fiorentina

Prediksi Seri A 14 Oktober 2017 : Juventus vs Lazio

Jakarta – Juventus akan menjamu Lazio di Allianz Stadium pada giornata 8 Serie A 2017/18, Sabtu (14/10). Laga ini bakal ...