Home > Berita Bola > Simak Data Statistik Jelang Laga Malaysia vs Indonesia

Simak Data Statistik Jelang Laga Malaysia vs Indonesia

Surabaya – Semi-final SEA Games 2017 mempertemukan dua negara tetangga, Malaysia dan Indonesia, dengan catatan pertemuan yang mengesankan. Timnas masih tetap optimistis dapat mengalahkan Malaysia pada laga semi-final SEA Games 2017, di Stadion Shah Alam, Selangor, Sabtu (26/8). Indonesia bahkan tercatat memulai kiprah debut sepakbola SEA Games dengan menghadapi tuan rumah Malaysia, 40 tahun lalu.

Simak Data Statistik Jelang Laga Malaysia vs Indonesia

Simak Data Statistik Jelang Laga Malaysia vs Indonesia

REKOR KEMENANGAN TERBESAR

Malaysia adalah lawan kedua yang paling banyak dihadapi Indonesia di SEA Games setelah Thailand, yaitu sebanyak 16 kali. Masing-masing enam kemenangan dan kekalahan diderita Merah-Putih, sisanya berakhir imbang. Namun, Indonesia memiliki keunggulan gol yang impresif, 21-11.

Sebabnya, beberapa kali Indonesia mampu meraih kemenangan telak atas Malaysia. Rekor kemenangan terbesar Indonesia atas Malaysia diraih pada 1999 dengan skor 6-0. Di ajang ini, gawang Malaysia menjadi yang paling sering dijebol Indonesia setelah Kamboja dan Brunei Darussalam.

Baca juga : Prediksi Liga 1 26 Agustus 2017 : Persegres vs Bhayangkara FC

TIGA PERTEMUAN KUALA LUMPUR

Indonesia tercatat tiga kali menantang Malaysia saat SEA Games diselenggarakan di negara jiran itu. Satu-satunya kemenangan (2-1) diraih pada partisipasi debut Indonesia, 40 tahun lalu. Sisanya, pada 1989 dan 2001, Indonesia menelan kekalahan masing-masing 2-0 dan 2-1.

TIGA FINAL

Indonesia dan Malaysia tiga kali berjumpa di laga final SEA Games, seluruhnya terjadi di Jakarta. Malaysia memiliki keunggulan dengan memenangi dua di antaranya. Pertama, melalui gol tunggal Mokhtar Dahari pada 1979 dan kedua, melalui adu penalti pada 2011. Satu-satunya kemenangan diraih Indonesia pada 1987 melalui gol Ribut Waidi pada perpanjangan waktu.

Selain final, Indonesia dan Malaysia dua kali berhadapan pada laga perebutan medali perunggu. Keduanya terjadi pada 1985 dan 2005, Malaysia memenangi seluruh pertemuan ini. Jadi, jika dihitung seluruh pertemuan yang memperebutkan medali, Malaysia mampu mengungguli Indonesia.

TIGA PENCETAK GOL

Sejak 2001, atau sejak SEA Games hanya diikuti oleh pemain berusia di bawah 23 tahun, hanya tiga pemain Indonesia yang sukses menciptakan gol ke gawang Malaysia. Mereka adalah Maman, dan Gunawan Dwi Cahyo, dan Bayu Gatra. Masing-masing dicetak pada 2001, 2011, dan 2013.

SEMI-FINAL 2013

Namun, Indonesia dan Malaysia tercatat hanya pernah sekali berjumpa di babak semi-final SEA Games. Itu terjadi di Myanmar, empat tahun silam. Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang melalui laga ketat 120 menit plus adu penalti.

Pertemuan tersebut merupakan ulangan final 2011, ketika Malaysia berhasil membungkan puluhan ribu pendukung tuan rumah Indonesia melalui adu penalti. Sama-sama masih dilatih oleh Rahmad Darmawan dan Ong Kim Swee, kedua tim kembali berjumpa di Naypyidaw. Kali ini, Indonesia berhasil membalas kekalahan.

Bayu Gatra membawa Indonesia memimpin pada menit ke-32 dan kelihatannya mampu mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir. Namun, empat menit sebelum waktu normal usai, Thamil Arasu memanfaatkan kemelut untuk menjebol gawang Kurnia Meiga.

Tidak ada tambahan gol selama 30 menit perpanjangan waktu, sehingga pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti. Dua penendang pertama Malaysia gagal menjalankan tugas, tetapi kegagalan eksekusi Manahati Lestusen menimbulkan secercah harapan. Itu tidak terwujud setelah Ferinando Pahabol berhasil menempatkan bola ke pojok gawang.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Laga Pamungkas Grup C, Persebaya Kalah Tipis Dari Kalteng Putra FC

Laga Pamungkas Grup C, Persebaya Kalah Tipis Dari Kalteng Putra FC

Surabaya – Kalteng Putra FC sukses mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 dalam laga pamungkas Grup C ...