Home > Berita Liga Indonesia > Indonesia vs Kamboja, Firman Utina : “Cetak Satu Gol Dulu”

Indonesia vs Kamboja, Firman Utina : “Cetak Satu Gol Dulu”

Malaysia – Lanjutan pertandingan sepakbola SEA Games grub B, Indonesia akan melawan Kamboja, Indonesia butuh kemenangan selisih 3 bola atas Kamboja untuk mengamankan tiket ke semifinal SEA Games 2017. Firman Utina meminta Evan Dimas dkk untuk fokus memburu satu gol dulu.

Indonesia vs Kamboja, Firman Utina : "Cetak Satu Gol Dulu"

Firman Utina

Firman Utina mengaku senang menyaksikan perjuangan tim nasional Indonesia berlaga di ajang SEA Games. Sehingga Firman pun ikut berkomentar dengan penampilan Indonesia.

Baca juga : Barcelona Berburu Pengganti Neymar di West Ham

Menurut Firman, permainan yang diperlihatkan tim asuhan Luis Milla itu sudah baik, Akan tetapi, faktor mental menjadi perhatiannya.

“Banyak cara untuk menggoyahkan mental bertanding anak-anak Indonesia. Saya harap mereka tidak terganggu dengan isu-isu seperti kejadian bendera dan kasus wasit yang merugikan atlet Indonesia di cabang lain,” kata mantan kapten dan playmaker tim nasional ini.

Menurut Firman, pemain timnas sebenarnya bisa bermain bagus dan meraih kemenangan asal lebih sabar dan fokus ke lapangan.

“Jangan berbuat sesuatu yang tidak membantu tim. Jangan sampai aksi kita merugikan tim,” ucapnya.

Vietnam sudah membuktikan kemampuan mereka dengan fokus pada pertandingan, menurut Firman. Pemain Vietnam disebut mampu memperlihatkan karakter sendiri yang penuh daya juang, bermain tanpa lelah, dan selalu ngotot.

Bagaimana Peluang timnas U-22 Indonesia melawan Kamboja di laga terakhir Grup B SEA Games 2017?

Firman Utina percaya duet pelatih Luis Milla dan Bima Sakti sudah memiliki strategi bertanding dan membaca permainan lawan.

“Akan tetapi, semua taktik itu bisa tidak berjalan di lapangan bila para pemain terpancing emosinya. Berbagai gangguan yang sekarang mereka rasakan sudah terjadi sejak dulu,” ucap Firman Utina.

Dia pun menceritakan berbagai kejadian setiap pergelaran SEA Games atau ajang lain yang diikuti timnas sepak bola.

“Karena itu, para pemain harus fokus pada diri sendiri, fokus pada target cabang sendiri. Berikan yang terbaik sesuai kemampuan untuk tim” tuturnya.

Firman berharap kepada para pemain Indonesia untuk tidak menganggap enteng Kamboja, walaupun sang lawan selalu kalah dalam 4 laga Grup B.

“Kamboja tidak seburuk yang diperkirakan. Karena itu, pemain fokus saja dulu memburu satu gol, jangan sejak awal mengisi kepala dengan keharusan mencetak 3 gol, nanti malah kacau semuanya,” kata Firman.

Firman yakin, dengan komposisi terbaik yang dimiliki Luis Milla serta para pemain tampil sesuai sistem permainan yang diramu, timnas Indonesia bisa mengalahkan Kamboja.

“Karena keharusan mendapatkan kemenangan dengan selisih 3 bola, saya pilih 3-0 untuk Indonesia,” ujar Firman Utina.

(Okto – Satupedia.com)

x

Check Also

Teco Akui Tidak Menyangka Choirul Huda Bakal Meninggal

Teco Akui Tidak Menyangka Choirul Huda Bakal Meninggal

Jakarta – Persija Jakarta ikut sedih atas berpulangnya kiper Persela Lamongan, Choirul Huda. Setelah beberapa ...