Home > Berita Bola > 5 Gol Striker Bali United Belum Mampu Patahkan Rekor Ilham Jayakesuma

5 Gol Striker Bali United Belum Mampu Patahkan Rekor Ilham Jayakesuma

Denpasar – Striker Bali United Sylvano Comvalius mencatat rekor sebagai pencetak quin-trick pertama di Liga 1 2017 setelah lesakan lima golnya membantu Serdadu Tridatu memetik kemenangan telak 6-1 atas Mitra Kukar akhir pekan kemarin.

Sylvano Comvalius Bikin Rekor Fantastis saat Lawan Mitra Kukar

Sylvano Comvalius

Torehan itu menyamai catatan ujung tombak veteran Arema FC Cristian Gonzales ketika menjebol gawang Semen Padang lima kali pada pertandingan leg kedua semi-final Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan awal Maret lalu.

Namun torehan itu dilakukan Gonzales di turnamen pramusim. Gonzales pernah melakukannya kala tampil di kasta tertinggi sepakbola nasional 11 tahun lalu bersama Persik Kediri.

Tidak banyak pemain yang bisa mengemas lima gol dalam satu pertandingan. Di liga domestik sejak penggabungan kompetisi Galatama dan Perserikatan, terangkum enam pemain yang pernah mencetak quin-trick.

Baca juga : Mendapat Banyak Cibiran, Veira Bela Arsenal

Bahkan, bomber Persita Tangerang Ilham Jayakesuma masih menjadi pemegang rekor pencetak gol terbanyak di kasta tertinggi di satu laga.

Berikut pemain yang pernah mencetak quin-trick :

1. Kurniawan Dwi Yulianto

Pria yang akrab disapa Si Kurus ini tidak hanya sekali mencetak quin-trick di kompetisi domestik. Kurniawan melakukannya pertama kali bersama PSM Makassar di musim 1999/2000 ketika memborong seluruh gol saat menggasak Gelora Delta 5-0. PSM akhirnya tampil sebagai juara setelah mengalahkan PKT Bontang 3-2, dan Kurniawan mencetak dua gol di laga final.

2. Ilham Jayakesuma

Setelah Kurniawan, pencetak quin-trick terus berlanjut di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Kali ini giliran striker Persita Tangerang Ilham Jayakesuma yang melakukannya pada 28 April di Liga Indonesia 2002. Dalam laga itu, Ilham memborong enam gol saat Persita menggilas Persikab Bandung 10-1.

3. Bamidele Frank Bon Manuel

Pada 6 April 2003, Persik menjamu Semen Padang. Bomber asal Nigeria yang akrab disapa Bobby ini langsung melesakkan lima gol masing-masing di menit ke-16, 29, 35, 59, 85. Bobby akhirnya turut membantu Persik menjadi juara. Namun, ia gagal menjadi topskor, karena torehan 29 golnya berselisih dua dengan striker PSM Oscar Aravena.

4. Cristian Gonzales

Tiga tahun berselang, penggawa Persik kembali menorehkan quin-trick. Kali ini giliran Cristian Gonzales saat tim Macan Putih mencabik-cabik Persegi Gianyar dengan skor 7-1 dalam laga Wilayah Timur yang berlangsung pada 10 Mei 2006.

5. Ilija Spasojevic

Quin-trick tersebut diciptakan Spasojevic ketika memperkuat Mitra Kukar di Indonesia Super League (ISL) 2012/13. Kala itu, Mitra Kukar menjamu PSPS Pekanbaru, dan memetik kemenangan 8-2. Spasojevic mencetak lima gol pada menit ke-26, 38, 49, 69 dan 79.

(Reno – satupedia.com)

x

Check Also

Prediksi Liga 1 19 Oktober 2017 : Borneo vs Persela

Prediksi Liga 1 19 Oktober 2017 : Borneo vs Persela

Jakarta РBorneo FC bakal menjamu Persela Lamongan pada pekan ke-30 Liga 1 2017 di Stadion ...