Home > Berita Liga Indonesia > PSSI Putuskan Untuk Menonaktifkan Wasit Fariq Hitaba

PSSI Putuskan Untuk Menonaktifkan Wasit Fariq Hitaba

Jakarta – PSSI memutuskan untuk menonaktifkan wasit Fariq Hitaba. Itu setelah, Fariq melakukan kesalahan saat dirinya tak jadi memberikan penalti bagi PS TNI, pada saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (8/6/2017) lalu.

PSSI Putuskan Untuk Menonaktifkan Wasit Fariq Hitaba

PSSI Putuskan Untuk Menonaktifkan Wasit Fariq Hitaba

Ketika itu, Fariq membatalkan keputusannya terkait penalti, setelah melihat tayangan ulang dari salah satu kamera pertandingan. Sontak, hal tersebut menuai pro dan kontra. Laga itu sendiri berkesudahan dengan skor 2-0, untuk kemenangan Persija.

Baca juga : Heri Kiswanto Bakal Coba Versi Baru Untuk Persela Lamongan

“Video Assisten for Referee (VAR) itu belum diterapkan. Jadi di Laws of The Game wasit mengambil keputusan atas apa yang dia lihat, didengar, dan dikonsultasikan dengan asisten wasit, itu cukup. Tidak ada informasi lain, termasuk melalui tayangan ulang dan apapun,” kata Joko Driyono, pelaksana tugas sekretaris jenderal PSSI.

“Oleh karenanya, Komite Wasit mengkonfirmasi kemarin, yang bersangkutan untuk tidak ditugaskan. Dan finalnya berapa lama, itu Komite Wasit yang memutuskan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Joko juga mengingatkan kepada para wasit lainnya untuk tak menambah instrumen dalam mengambil keputusan di atas lapangan, kecuali dari dirinya sendiri dan asisten wasit. “Kalau ditambahkan lagi, ada beberapa hal yang jadi catatan. Keputusan berubah boleh, biasanya pengambilan keputusan memanggil kedua kapten dan atas analisis wasit, dia ubah keputusannya tapi tidak menggunakan sumber itu (VAR),” tuturnya.

“Kemarin saat keputusannya berubah, itu semestinya tak mengambil bola mati, tapi harus drop ball. Nah, itu kesalahan kedua dari wasit kemarin (Fariq Hitaba),” jelasnya.

(Baharudin – satupedia.com)

x

Check Also

Adam Alis Dikabarkan Segera Merapat ke Arema

Adam Alis Pastikan Angkat Kaki dari Arema FC

Malang – Adam Alis menjadi pemain ketiga yang memastikan tak bersama Arema FC. Kepergian midfielder ...