Home > Berita Liga Jerman > Bayern München > Di Balik Kesuksesan Munchen, Banyak Pemain-Pemain Veteran

Di Balik Kesuksesan Munchen, Banyak Pemain-Pemain Veteran

Wolfsburg – Bayern Munich baru saja sukses mengunci gelar Liga Jerman ke-27 mereka. Di balik kesuksesan Die Roten, ada pemain-pemain veteran yang menjadi tulang punggung tim.

Di Balik Kesuksesan Munchen, Banyak Pemain-Pemain Veteran

Carlo Ancelotti yang melatih Bayern mampu memaksimalkan skuatnya yang sebenarnya diisi oleh banyak pemain tua. Pada laman resmi Bundesliga mencatat hanya ada empat pemain kelahiran 1990-an yang tampil pada lebih dari 20 pertandingan Bundesliga bersama Bayern musim ini.

Keempat pemain itu adalah Thiago Alcantara, David Alaba, Douglas Costa, dan Joshua Kimmich. Di antara keempatnya, hanya Kimmich (22 tahun) yang bisa disebut sebagai youngster.

Ancelotti mengandalkan pemain-pemain veteran seperti Philipp Lahm (33 tahun), Xabi Alonso (35 tahun), Franck Ribery (34 tahun), dan Arjen Robben (33 tahun). Keempatnya masih bermain reguler meskipun sudah tidak muda lagi.

Lahm adalah pilihan utama Ancelotti di posisi bek kanan meski sesekali mengisi lini tengah. Kapten Bayern itu tampil pada 24 pertandingan Bundesliga dengan sumbangan satu gol dan tiga assist.

Alonso masih piawai menjalankan tugas sebagai pengatur irama permainan dari lini tengah. Kualitas operannya tak menurun dalam 24 pertandingan Bundesliga yang dia lakoni musim ini. Dia juga menyumbangkan tiga gol untuk Bayern.

“Bahwa Alonso lambat memang benar. Saya saat masih jadi pemain juga lambat. Tapi, bola harus mengalir dengan cepat dan dia adalah pemain terbaik untuk itu. Saya sangat memercayai dia sebagai pemain tengah,” kata Ancelotti mengenai Alonso.

Baca juga : Milomir Seslija Berpeluang Besut Bali United

Sementara itu, Ribery dan Robben yang sering disebut Robbery kembali bermain secara rutin setelah musim lalu terus-terusan diganggu cedera. Keduanya diandalkan Ancelotti di sektor sayap dan bisa bersaing dengan Douglas Costa dan Kingsley Coman yang lebih muda. Ribery menyumbangkan empat gol dan sepuluh assist dalam 19 laga, sedangkan Robben mendonasikan 11 gol dan delapan assist dalam 24 partai.

“Saya tidak melihat usia. Setiap pemain di sini punya peluang untuk bermain. Saya melihat siapa yang fit,” kata Ancelotti.

Mulai musim depan, Ancelotti tak akan bisa lagi mengandalkan Lahm dan Alonso. Dua pemain itu sudah memutuskan untuk pensiun setelah musim ini berakhir. Sementara itu, Ribery dan Robben telah memperpanjang kontraknya hingga 2018.

“Saya setiap hari berusaha meyakinkannya untuk lanjut, bertanya apakah dia berubah pikiran sampai sekarang tidak. Saya masih berharap, saya berusaha untuk bercanda dengannya, tapi saya pikir dia sudah memilih untuk berhenti,” kata Ancelotti baru-baru ini soal Lahm.

(Reno – satupedia.com)

x

Check Also

Gabriel Jesus Tak Ambil Pusing Dibandingkan Dengan Lionel Messi

Gabriel Jesus Tak Ambil Pusing Dibandingkan Dengan Lionel Messi

London – Gabriel Jesus tidak ambil pusing dengan desas-desus orang yang mulai membandingkannya dengan Lionel Messi. Namun perkataan ...