Home > Berita Bola > Ide Baru FIFA Dengan Menjadikan World Cup Jadi 48 Kontestan

Ide Baru FIFA Dengan Menjadikan World Cup Jadi 48 Kontestan

Bogota – Gagasan baru mengenai penambahan kuota peserta Piala Dunia diungkap langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Penerus Sepp Blatter ini memiliki ide untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia, yang pada pagelaran sebelumnya berjumlah 32 negara menjadi 48 negara.

Ide Baru FIFA Dengan Menjadikan World Cup Jadi 48 Kontestan

Gagasan ini diungkap Infantino dalam kunjungannya ke sebuah universitas di Bogota, Kolombia, Senin 3 Oktober 2016 waktu setempat.

Infantino menjelaskan bahwa dirinya telah mengajukan proposal kepada Dewan FIFA terkait gagasan ini. Andai ide Infantino untuk menambah jumlah peserta disetujui, maka tak dapat dipungkiri nantinya Piala Dunia jadi sebuah turnamen yang lebih besar.

“Ide FIFA adalah untuk mengembangkan sepakbola di seluruh dunia. Piala Dunia adalah event (sepakbola) terbesar yang ada. Ini lebih dari sebuah kompetisi, ini adalah sebuah acara sosial,” ujar Infantino dikutip FourFourTwo.

“Harapan ini untuk mencari solusi terbaik. Kami akan memperdebatkan ini dengan mereka (Dewan FIFA) bulan ini. Dan kami akan memutuskannya di tahun 2017,” lanjutnya

Menurut pria kelahiran Swiss ini, konsep Piala Dunia jika diikuti 48 klub adalah 16 negara lolos langsung dalam fase grup. Sementara 32 negara lainnya harus lebih dulu melakoni laga kualifikasi, yang juga digelar di negara tuan rumah. 32 negara yang mengikuti kualifikasi akan memperebutkan 16 tempat yang tersisa, untuk bisa lolos ke fase grup.

“gagasannya adalah, 16 tim akan lolos langsung ke fase grup dan 32 (negara) lainnya akan bermain di fase awal, di negara Piala Dunia dimainkan. Mereka akan memperebutkan 16 tempat tersisa. Ini berarti Piala Dunia berjalan normal dengan 32 tim, tapi akan ada 48 tim yang ikut serta dalam memperjuangkan negaranya agar bisa tampil,” tutup Infantino.

Dengan begitu, dalam segi turnamennya akan tetap seperti pagelaran Piala Dunia sebelumnya, akan tetapi kesempatan para tim untuk unjuk gigi agar negaranya bisa berpartisipasi menjadi semakin terbuka. Walaupun belum pasti akan terjadi, karena masih banyak hal pendukung yang harus dibahas tapi tak ada salahnya jika kita tetap mendukung agar gegap gempita pelaksanaan turnamen akbar 4 tahunan ini menjadi lebih menggemparkan.

(Ikhsan Djuhandar – satupedia.com)

x

Check Also

Alasan Insigne Tolak Tawaran Chelsea

Lorenzo Insigne Tak Yakin Milan Akan Menjadi Penantang Serius Musim Depan

Milan – Demi kembali ke jajaran elite, AC Milan sangat serius berbenah. Pemain Napoli Lorenzo ...