Home > Berita Liga Indonesia > FIFA Resmi Cabut Sanksi Bagi Indonesia

FIFA Resmi Cabut Sanksi Bagi Indonesia

Mexico City – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) secara resmi mencabut sanksi yang diberikan kepada Indonsia pada Jumat (13/5/2016) waktu setempat saat digelar kongres tahunan yang ke-66 di Mexico City.

FIFA Resmi Cabut Sanksi Bagi Indonesia

Pencabutan sanksi bagi Indonesia ini diumumkan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. Menurut Gianni, pencabutan sanksi FIFA ini dilakukan menyusul laporan terkait telah dicabutnya pembekuan kegiatan PSSI oleh pemerintah melalui Surat Keputusan (SK) Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Beberapa saat lalu sebelum kongres, kami (anggota komite eksekutif FIFA) sudah melakukan pertemuan, dan memutuskan sanksi penangguhan terhadap Indonesia dicabut,” ujar Infantino.

“Pencabutan ini karena pemerintah Indonesia sudah mengirim surat kepada FIFA yang menjelaskan mereka telah mencabut sanksi terkait intervensi pemerintah kepada federasi (PSSI),” tambah Infantino.

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada 30 Mei 2015, sekitar satu bulan setelah Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) menerbitkan SK Pembekuan PSSI dengan nomor 01307 pada 17 April 2015.

Akibat sanksi FIFA ini Indonesia tidak dapat ikut serta dalam semua kegiatan FIFA termasuk babak kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia di Uni Emirat Arab.

Seperti diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, mengeluatkan SK pencabutan pembekuan PSSI pada Selasa (10/5/2016) petang WIB. Menpora mengatakan, keputusan itu diambil semata-mata karena menghargai FIFA dan keputusan Mahkamah Agung.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Yanto Basna Resmi Merapat ke Arema FC

Yanto Basna Resmi Merapat ke Arema FC

Malang – Arema FC akhirnya mendapat pemain belakang abru. Klub berlogo singa sudah dipastikan memboyong ...

SatuPedia.Com

Portal Tentang Sepak Bola

Saran dan dan masukkan kami butuhkan untuk memberikan dampak positif dalam membangun web satupedia.com. Kami tunggu masukan dari para pembaca, terima kasih.

Follow Kami di Line @satupedia Add Friend

satu fb