Home > Berita Bola > Berita Bola : Dewan Juri Inggris Nilai 96 Suporter di Hillsborough ‘Dibunuh secara Ilegal’

Berita Bola : Dewan Juri Inggris Nilai 96 Suporter di Hillsborough ‘Dibunuh secara Ilegal’

London – Sebanyak 96 penonton sepak bola tewas dalam tragedi Hillsborough pada 1989. Dewan juri di Inggris pun mengungkapkan bahwa mereka ”dibunuh secara ilegal”.

Tindakan komandan polisi dalam pertandingan itu, Kepala Superintenden David Duckenfield, disimpulkan sebagai kelalaian besar. Sebab, yang bersangkutan melanggar kewajiban.

Saat itu, polisi pun membikin situasi makin berbahaya. Insiden tersebut terjadi saat semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest, pada 15 April 1989. Namun, perilaku pendukung Liverpool tidak termasuk faktor dalam bahaya yang berlangsung di pintu masuk stadion.

Sebanyak 96 penonton tewas terhimpit di stadion. Setelah itu, peraturan tidak boleh ada lagi tribun untuk penonton berdiri di stadion-stadion Liga Inggris pun muncul.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (26/4/2016), ada beberapa kesimpulan dewan juri. Termasuk, adanya kelemahan dalam sertifikasi keamanan Stadion Hillsborough, keterlambatan polisi dalam menyatakannya sebagai insiden besar, dan lambatnya kedatangan ambulans ke stadion.

Setelah dewan juri keluar ruangan, terdengar tepuk tangan memuji dari tempat duduk pengunjung di ruang sidang. Bahkan, beberapa orang berdiri sambil bertepuk tangan. (Siti Rahma – satupedia.com)

x

Check Also

Balotelli Menarik Minat Mancini Untuk Reuni

Dante : Balotelli Akan Makin Cemerlang Di Musim Depan

Nice – Performa Mario Balotelli musim lalu dianggap belum ada apa-apanya. Balotelli diprediksi bakal makin ...